Wujudkan Kepedulian Lingkungan, Poltapala Adakan Bersih Kampus

UKM Poltapala mengadakan kegiatan kerja bakti di lingkungan kampus, Senin, 20 Maret 2023 | Perssukma.id/Danang Aryo S

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Politeknik Pencinta Alam (Poltapala) mengadakan kegiatan bersih-bersih bersama warga Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Senin, 20 maret 2023 pada pukul 16.45 WIB.

Kegiatan ini dimulai setelah proses kegiatan belajar mengejar selesai. Peserta terdiri dari perwakilan anggota-anggota UKM Polinela lain yang terbagi menjadi beberapa kelompok, kemudian diarahkan ke area Gedung Serba Guna, kantin, dan sekitar Masjid Al-Banna.

Bacaan Lainnya

Suci Mei Lestari, Ketua Umum UKM Poltapala menyatakan acara ini diadakan agar mahasiswa Polinela memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kampus. “Diselenggarakannya kegiatan ini supaya Mahasiswa Polinela ini sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar kampus,” ujarnya.

Selain pembersihan sungai yang dilakukan, sampah kering seperti daun kering, botol plastik, serta bahan-bahan anorganik yang sudah dikumpulkan akan menuju tahap terakhir pembakaran. Pembakaran sampah tersebut dinilai harus tetap dilakukan walaupun asap yang mengganggu sekitar, hal tersebut dikarenakan waktu penguraian sampah plastik yang memerlukan waktu hingga ratusan waktu.

Mengikuti perihal tumpukan sampah di kebun sawit area belakang kampus, yang dimana dalam sehari dapat mencapai 10 kuintal sampah yang dihasilkan. Dengan berjalannya kegiatan ini, Suci menimpali harapannya agar hadir mahasiswa-mahasiswa kreatif yang dapat mendaur ulang semua sampah tersebut. “Sampah di area itu bisa mencapai 10 kuintal sehari, semoga saja ada mahasiswa-mahasiswa kreatif yang bisa mengolah sampah-sampah itu menjadi hal yang lebih berguna seperti yang dilakukan Poltapala, yaitu Ecobrick,” tambahnya.

Erwin, peserta kegiatan perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan Peternakan mengungkapkan alasan mengikuti kegiatan ini untuk selalu mencintai kampus kita sendiri. “Sebelum kita mencintai kampus lain, kita harus mencintai kampus sendiri dahulu dengan mengikuti kegiatan seperti ini. Disini bagaimana kita dapat belajar dengan nyaman jika lingkungan kita sendiri tidak rapi dan bersih,” ucapnya.

Ia juga berharap warga Polinela dapat selalu menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat menumbuhkan kesadaran kepada yang lain. “Semoga seluruh warga Polinela dapat menjaga kebersihan lingkungan, yang kedua dengan diadakannya acara ini semoga dapat menumbuhkan kesadaran bagi mahasiswa lain yang belum berkontribusi, yang ketiga semoga untuk acara ke depannya bisa diikuti oleh seluruh warga Polinela tidak sekedar perwakilan dari lembaga-lembaga yang ada di kampus,” tutupnya. (*)

Penulis: Runi Widiasih, Danang Aryo Aditama Susilo

penyunting: Galih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 1 = 2