Wujudkan Kebersamaan, BTP Adakan Market Day

Bazar atau Market Day yang diselenggarakan di Depan Gedung KHD, Jumat, 16 Desember 2022

Himpunan Mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Pangan (HIMAPA) menggelar Market Day yang diselenggarakan di depan Gedung Ki Hajar Dewantara (KHD) pada Jum’at, 16 Desember 2022. Acara ini melibatkan seluruh dosen serta Mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Pangan (BTP) dan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga sore hari.

Agenda ini mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Muda yang Inovatif, Kreatif dan Mandiri”. Jamaludin Adimiharja selaku Ketua Pelaksana (Ketuplak) serta dosen BTP mengatakan alasan mengapa memakai tema tersebut ialah karena pada kegiatan ini mahasiswa dilatih mentalnya untuk lebih kreatif dan aktif dalam berwirausaha. “Sejauh ini mereka praktik cenderung lebih pasif, jadi kita ingin membuat mereka lebih aktif, berani tampil didepan, bertemu dengan orang yang baru, sehingga dari situ mereka di didik untuk menjadi lebih kreatif, ketika mereka sudah kreatif, dari kekreatifan itu harus diinovasi lagi supaya lebih maju, intinya disini kita melatih mental mereka berwirausaha,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Jamaludin menambahkan, tujuan diadakannya acara ini agar mahasiswa dapat mengoptimalkan  hasil panen dan juga dapat memasarkannya di lingkungan Polinela maupun diluar. “Setelah panen, biasanya mereka selalu menjual keluar, jadi kali ini kita coba bazar di Polinela atau market day, supaya mereka bisa menjual tidak hanya di lingkungan Polinela tetapi juga mengundang masyarakat untuk masuk ke Polinela sehingga mereka juga dapat melatih kreativitas membuat hasil panen mereka dikemas menggunakan kemasan yang unik,” ujar Jamaludin.

Rian Dewanda Parera, Gubernur HIMAPA mengatakan dengan hadirnya kegiatan ini para dosen dan juga Mahasiswa Jurusan BTP dapat berkumpul sehingga menumbuhkan tali silaturahmi. “Ya alhamdulillah sangat senang, karena menjadi suatu momentum bagi kami terkhusus Jurusan Budidaya Tanaman Pangan untuk bisa berkumpul bersama,”  tutur Rian.

Pasihulisan Mahasiswa Produksi Teknologi Produksi Tanaman Hortikulura (TPTH), mengatakan Bazar kali ini banyak sekali produk-produk hasil dari berbagai Program Studi (Prodi) di Jurusan BTP mulai dari hasil panen hingga makanan jajanan kemasan, “Dari stand kami menjual ada kukis, kue, basreng, melon, labu madu, buncis, terong, tomat, puding tomat, dan jajanan,” ujarnya.

Septiana, Dosen Teknologi Perbenihan (Tekben), menjelaskan antusias nya para pengunjung menghadiri bazar tersebut ini, “Bazar ini khusus untuk jurusan kami atau dari keluarga BTP, yang beli boleh dari mana saja, dari prodi lain boleh atau dari luar juga boleh, namun yang menjual hanya dari jurusan kami,” jelasnya.

Rosi Emisura,  salah satu pengunjung mengapresiasi baik dengan adanya acara ini. “Kegiatan hari ini bagus untuk meningkatkan kreativitas serta rasa kewirausahaan mahasiswa agar lebih tinggi dan melatih mahasiswa lebih baik dalam berwirausaha,” ujar Rosi.

Fidela Geovani, Mahasiswa Teknologi Pangan (Tepa), berkomentar bahwa bazar tersebut tempatnya tidak luas sehingga para para pengunjung sulit dan bingung untuk melihat apa saja yang dijual di bazar tersebut. “Tempatnya perlu diperluas agar tidak berimpit-impitan jadi pengunjung yang ingin beli tidak bingung karena jualan tidak tertutup oleh para pembeli,”  tutur Fidela.

Ia juga menambahkan harapannya agar lebih banyak inovosi lagi produk yang dihasilkan. “Saya berharap acara ini bisa lebih baik kedepannya dan bisa lebih banyak lagi inovasi produk yang dihasilkan dari prodi-prodi Jurusan BTP. (*)

Penulis : Andri Febriyadi Putra, Dinda Kurnia Putri
Penyunting : Shindy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 6 = 24