Wajah Baru Duta Kampus Polinela

Suasana Pemilihan Duta Kampus Polinela di Gedung Serba Guna (GSG) ), Minggu, 04 Juni 2022 | Perssuka.id/Farhan Herly Pratama

Telah berlangsungnya pemilihan Duta Kampus Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Minggu, 04 Juni 2022 di Gedung Serba Guna (GSG). Acara ini dilaksanakan setiap setahun sekali. Pemilihan Duta Kampus ini berlangsung meriah, yang diisi dengan penampilan dari para Finalis Duta Kampus, menampilkan busana-busana yang mereka kenakan, penampilan dari Duta Kampus 2020, dan pembagian doorprize. Acara ini dihadiri oleh Direktur Polinela, Pembantu Direktur, beberapa dosen, tamu-tamu spesial, serta Mahasiswa Polinela.

Jumlah Finalis Duta Kampus Polinela terdapat sepuluh orang, dengan lima orang pria dan lima wanita. Pada saat acara berlangsung, para finalis diberi pertanyaan tentang pengetahuan umum dan kondisi sosial, kemudian mereka menjawab pertanyaan tersebut selama satu menit.

Bacaan Lainnya

Pada saat pengumuman berlangsung, Diah Nurul Hartanti dari Program Studi (Prodi) D4 Akutansi Bisnis Digital Jurusan Ekonomi dan Bisnis (Ekbis)Semester 2 dan Ervando Zunika Rianda dari Prodi Perjalanan Pariwisata terpilih menjadi the winner Duta Kampus Polinela 2022. Dengan terpilihnya Diah sebagai Winner Duta Kampus, ia merasa sangat bahagia dan tidak menyangka. “Alhamdulillah, sangat bahagia dan tidak menyangka,” ujarnya.

Adapun tahapan menjadi Duta Kampus ini, yaitu pertama melalui tahap pendaftaran terlebih dahulu. Pada tahapan ini dilakukan secara dalam jaringan (daring). Kedua, seleksi berkas dan wawancara. Ketiga, tahap semifinal. Pada tahapan ini, para calon Dutra Kampus diberi pembekalan yang dilakukan secara daring dan luar jaringan (luring). Keempat, masuk pada tahp final. Dalam tahapan ini, para finalis dikarantina selama kurang lebih 3 minggu. Kemudian tahap terakhir, yaitu grand final.

Adapun isi dari pembekalan tersebut adalah berupa materi, dimana materi daring berisi tentang public speaking dan menjadi influencer yang disampaikan oleh Mega yang merupakan Putri Otonomi Daerah dan Influencer. Kemudian materi yang disampaikan secara luring disampaikan oleh salah satu Dosen Polinela, yaitu Marlinda dengan materi tentang Kebudayaan Lampung dan hal-hal seputar Duta Kampus.

Ervando selaku Winner Duta Kampus Polinela menjelaskan, bahwa Duta Kampus adalah wadah bagi mahasiswa-mahasiswi yang memiliki semangat di dalamnya. “Duta Kampus adalah wadah bagi mahasiswa-mahasiswi yang memiliki semangat di dalamnya, dimana kita dapat mempelajari hal-hal baru dimana hal ini sesuai dengan jargon duta kampus, Berkarya, Berprestasi dan Menginspirasi,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang dilakukan selama menjadi finalis Duta Kampus adalah ia mempelajari tentang catwalk, public speaking, attitude, dan basic table manner. “Ada banyak kegiatan selama menjadi finalis duta, selain belajar catwalk, kita juga belajar public speaking, attitude, dan basic table manner,” sambung Ervando. Adapun manfaat selama mengikuti kegiatan yang dirasakan oleh Ervando adalah management waktu, selalu berpenampilan baik, dan terbentuknya mental saat berhadapan dengan khalayak umum.

Muhammad Ari Kusuma, Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) 2022 turut memberikan tanggapannya mengenai pemilihan Duta Kampus Polinela, bahwa acara yang berlangsung tersebut sudah berjalan dengan baik. “Untuk acara ini sendiri sudah lumayan bagus dan lumayan baik, karena seperti yang kita tahu, pemilihan Duta Kampus ini sudah dua tahun tidak dilaksanakan. Dengan adanya acara ini, sekaligus memperkenalkan dan memiliki duta-duta yang baik,” ujar Ari.

Ia juga mengatakan, bahwa penempatan tempat duduk di ruangan tersebut kurang tersusun dengan rapi. “Saya kira acara cukup baik, akan tetapi penempatan tempat duduk kurang tersusun dengan rapi dan acaranya lumayan megah dan mewah. Cukup Apresiasi untuk Duta,” tambahnya. Dengan pemilihan Duta Kampus ini, Ari berharap kepada Duta Kampus agar dapat menjadi ikonik Polinela dan menjadi contoh yang baik bagi Politeknik yang lain,” tutupnya. (*)

Penulis: Farhan Herly Pratama, Hanysa Firdiandita
Penyunting: Shindy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 5 = 4