UP2AI Adakan Sosialisasi E-PKL

Suasana sosialisasi terkait Praktik Kerja Lapangan di GSG Polinela, Kamis, 30 Juni 2022 | Perssukma.id/Rima Oktaviyana

Unit Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (UP2AI) menggelar sosialisasi terkait Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Gedung Serba Guna (GSG) Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Kamis, 30 Juni 2022. Sosialisasi ini berlangsung dari  pukul 16.00 WIB -17.25 WIB, yang disosialisasikan langsung oleh Ketua Pelaksana sekaligus Ketua UP2AI, yaitu Rusmianto.

Ketua Pelaksana (Ketuplak) sosialisasi ini mengatakan, bahwa sosialisasi ni ditujukan kepada mahasiswa yang akan PKLdi awal semester ganjil nanti.“Hari ini kami melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan PKL di semester ganjil besok periode September sampai Februari,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Adapun mahasiswa yang akan melaksanakan PKL pada awal semester ganjil yaitu berjumlah  247 orang, yang terdiri dari 7 program studi (Prodi), yaituD3 Perjalanan Wisata, D3 Budidaya Perikanan, D4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri, D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan,D4 Pengolahan Produk Agroindustri, D4 Teknologi Pembenihan Ikan, serta 3 orang dari Prodi D4 Teknologi Produksi Ternak.

Sosialisasi ini juga memaparkan tentangtata cara penggunaan aplikasi Elektronik Praktek Kerja Lapangan (E-PKL) yang sudah berjalan dari tahun lalu guna administrasi pendaftaran dari awal hingga akhir ujian. Materi serta panduan E-PKL ini tidak hanya dipaparkan saja, tetapi dapat diakses di https://up2ai.polinela.ac.id/., sehingga mahasiswa dapat membaca kembali panduan yang telah disampaikan.

Rusmianto juga menuturkan, bahwa  pendaftaranPKL dari awal hingga akhir ujian akan melalui aplikasi E-PKL.”Penggunaan E-PKL yang merupakan aplikasi untuk administrasi pendaftaran dari awal sampai ujian akan menggunakan aplikasi E-PKL.Jadidengan adanya aplikasi ini, mahasiswa tidak lagi paperless atau manual lagi tetapi memakai digital,” tuturnya.

Salah satuMahasiswa ProdiTeknologi Rekayasa Kimia industriyang akan mengikuti PKL, Beni Setiawan beranggapan, bahwa sosialisasi ini cukup membantu mahasiswa. “Cukup membantu sih, karena memang kalau hanya lihat dari video ataupun buku panduan, kita tidak bisa bertanya secara langsung,jika bisa juga perlu ada waktu lagi untuk menunggu responsifnya. Sehingga sosialisasi secara langsung inimemang benar-benar efektif,” ungkapnya.

Mahasiswa TRKI itu juga berpendapat terkait kurang dan kelebihan dari acara sosialisasi kali ini. “Kurangnya dari mahasiswa sih. Mereka kurang mendengarkan sosialisasi dari pihak UP2AI dan mereka juga kurang kondusif. Kalau kelebihannya, saya salut dengan pihak UP2AI bisa berani mengadakan acara sosialisasi ini secara langsung,” ujarnya.

Ketuplak sosialisasi ini berharap,  semua mahasiswa yang mengikuti PKL berjalan dengan lancar.”Harapan saya itu harapan orang tua, semoga mahasiswa dapat menemukan lokasi yang baik untuk PKL dan memperoleh pengalaman-pengalaman magang yang luar biasa sesuai dengan capaian yang ada di prodinya, dan semuanya berjalan lancar dari awal sampai akhir kembali dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan ujian, serta mendapatkan nilai yang baik,” ujarnya. Selaras dengan Ketuplak Sosialisasi E-PKL, Beni juga berharap agar PKL tahun ini bisa berjalan dengan lancar dansosialisasi kedepannya dapat diselenggarakan lebih baik.”Harapannya hubungan antara pihak Polinela denganperusahaan yang ditujutetap terjaga dengan baik,agar PKL-nya berjalan dengan lancar. Dan terkait sosialisasi E-PKL, semoga kedepannya mahasiswa bisa lebih dikondusifkan, agarsosialisasi kedepannya tersampaikan dengan baik,”tutupnya.(*)

Penulis : Rima Oktaviyana, Farhan Herly Pratama
Penyunting : Almas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 × 1 =