UKMBS Polinela Adakan Art Competition Tingkat Nasional

Pembukaan acara National Art Competition(NAC) UKMBS Polinela di Gedung Sakura, Sabtu, 25 Mei 2024 | Perssukma.id/Arya Rohmatulloh

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali menggelar National Art Competition (NAC) dengan tema “Celebrate your ability and creativity” yang bertujuan untuk mempererat silahturahmi dan menciptakan kreativitas yang terpendam untuk disebarluaskan agar lebih meningkatkan wawasan.

Acara ini berlangsung dari 24-26 Mei 2024, diikuti sebanyak 35 orang peserta yang telah melalui proses seleksi dimana yang awalnya diikuti dari 106 peserta online dan 40 peserta offline dari berbagai daerah seperti Semarang, Riau, Palembang, dan lain-lain. Kompetisi ini terbuka untuk SMA/SMK/MA dan Mahasiswa se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Terdapat 4 kategori lomba perlombaan meliputi Lomba Solo Song, Solo Dance, Baca Puisi, dan Seni Lukis. Seni merupakan aspek penting karena seni memiliki peran dalam pembentukan pribadi yang harmonis antar Logika, Etika, dan Estetis. Terdapat tiga titik lokasi yang digunakan yaitu Gedung Kuliah Bersama (GKB), Gedung Sakura, dan Gedung Kenanga Bawah (QB).

Anto Wijaya, Ketua Pelaksana (Ketuplak) NAC menjelaskan bahwa acara ini merupakan acara tahunan dan perbedaan acara tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah dalam pengambilan peserta yang dimana tahun lalu hanya di lingkungan provinsi Lampung saja tetapi tahun ini terbuka untuk se-Indonesia. “Jadi sebelumnya ini acara udah pernah dilaksanakan tapi perbedaannya hanya di peserta saja, peserta kita tahun lalu itu hanya lingkungan Provinsi Lampung kalau yang tahun ini mengambil juga di luar Lampung,” ucapnya.

Acara ini turut mengundang Sarono, Direktur Polinela serta mengundang Agung Adi Chandra, Wakil Direktur (Wadir) III, juga mengundang Pembina, demisioner, alumni UKMBS, dan delegasi-delegasi dari luar.

Muhammad Furqon, salah satu panitia mengungkapkan mengenai kendala untuk acara ini adalah adanya kekurangan dalam sumber daya manusia dalam mempersiapkan acara tersebut. “Kendala kemarin ada  dari panitia lumayan susah juga kita juga hanya 12 orang pengurusnya, dengan anggota segitu kita memaksakan untuk membuat acara nasional seperti ini, untuk kendala hanya kekurangan sumber daya saja, tapi Alhamdulillah bisa tercapai,” katanya.

Salah satu finalis seni lukis, Lutfi Fathinudin yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, mengungkapkan perasaan bisa mengobrol dengan teman teman baru. “Perasaannya sangat excited ya apalagi di luar daerah, saya pertama kali ke Lampung, bisa ngobrol sama teman-teman baru dan alasannya ikut lomba ini, pertama saya juga suka ikut lomba-lomba ini juga dan kebetulan poster acara ini muncul dan cukup menarik dari konsep lombanya juga terlihat meyakinkan dan paling menariknya itu ada offline nya gitu jadi ini pengalaman baru buat saya,” tutur Lutfi.

Furqon juga berharap dengan diadakannya acara ini dapat dikenal oleh masyarakat luar kota dimanapun dan ingin menaikkan nama Polinela. “Harapan dari acara ini semoga dari yang utama, semoga kampus kita juga dikenal oleh masyarakat luar kota dimanapun itu, contohnya dari peserta pesertanya kan dari pulau Jawa, Sumatera Selatan, Palembang, dan Riau, dari situ kita ingin menaikkan nama Polinela seperti itu,” tutupnya.

Penulis : Amanah Fatimahtu Zahra, Arya Rohmatulloh

Penyunting : Nadia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 2 = 12