Tingkatkan Kualitas Mahasiswa Wirausaha Melalui PMW

Pemaparan Materi Oleh Suprapto, A.Md.Pt, Selasa 1 Agustus 2023 | Perssukma.id/Riana Nida

Selasa, 1 Agustus 2023, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) ini merupakan sebuah Program Kerja (Progja) Unit Pelayanan Akademik (UPA) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan atau Centre for Career and Entrepreneurship Development (CCED). Acara yang berlangsung selama 3 hari dibuka oleh Wakil Direktur (Wadir) III Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Candra. Kegiatan ini terdiri dari pembinaan karier yang sistemnya berjenjang, dimulai dari sosialisasi, pelatihan, serta bimbingan teknis.

Program ini memastikan mahasiswa untuk tidak melewatkan peluang mengajukan proposal kewirausahaan dan mengikuti kompetisi kewirausahaan di tingkat nasional ataupun lokal. “Jangan sampai nanti ada program hibah kompetisi dan ternyata proposal kita belum siap akhirnya tidak diserahkan. Jadinya seperti kemarin, sayang tidak ada yang lolos di kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nasional. Bisa jadi dalam pembuatan itu bukan tidak berkualitas menurut saya teman-teman itu bagus tapi terburu-buru,” ucap Riko Noviadi selaku Kepala UPA CCED.

Bacaan Lainnya

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa wirausaha, penguatan pembinaan tentang kemampuan kewirausahaan mahasiswa dan penguatan atmosfer akademik tentang kewirausahaan di lingkungan Polinela bagi para mahasiswa. “Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa semakin sering melakukan kegiatan tersebut, ketika dia lulus itu bisa menjadi seorang wirausahawan sehingga akhirnya akan meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Polinela,” lanjutnya.

Salah satu IKU Perguruan Tinggi adalah menjadi gudang calon wirausaha. Dalam rangka ini maka di desain suatu kegiatan terstruktur untuk memberikan wadah menuju tercapainya gudang wirausaha tersebut. Kurikulum pertama adalah memberikan wawasan mengenai wirausaha, setelah itu melakukan kegiatan bisnis plan. Bisnis plan yang terbaik akan dikompetisikan dan mendapatkan dana stimulus hibah dari Polinela.

Tujuan dari pemberian hibah yang pertama yaitu pinjaman tanpa syarat yang nantinya dikembalikan di ujung periode. “Jadi yang pertama garansi tanpa takut, wirausaha itu takut bangkrut, takut rugi, takut mengeluarkan uang pribadi nya, nanti akan mengganggu kehidupan mahasiswa, maka modalnya kita stimulus sehingga tidak ada lagi yang takut berwirausaha. Kalau nanti berhasil silakan diteruskan, kalau tidak berhasil, nanti akan ada masa pelaporan dan masa expo,” ucap Wadir III.

Trio Herwansyah selaku Koordinator Koperasi Mahasiswa Mandiri Polinela (KOPMA) menanggapi dengan adanya Program PMW ini mendukung mahasiswa untuk berkreativitas terutama di bidang wirausaha. “Wirausaha ini suatu kegiatan yang bisa mengembangkan skill kita untuk terus menambahkan wawasan, bisa jadi tempat cari cuan bagi mahasiswa,” tuturnya.

Agung serta berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa. “Bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa menambah keilmuan, memiliki ide lebih bagus, literasi digitalnya tinggi tapi akses modalnya rendah, kalau ini bisa dimanfaatkan lebih baik, maka mudah-mudahan akan muncul wirausaha muda yang minimal mindset nya adalah wirausahawan,” tutupnya.(*)

Penulis : Andini Olifia Anggraini, Galih Alfa

Penyunting : Juwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 × = 14