Tentang Kami

SUKMA (Suara Kreativitas Mahasiswa) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang Jurnalistik. Pada awal terbentuk, UKM Pers SUKMA bernama Lembaga Pers Mahasiswa Suara Kreatifitas Mahasiswa yang disingkat LPM SKM. Namun, pada Sidang Umun Mahasiswa ke-6, 15 September 2000, LPM SKM berganti nama menjadi LPM SUKMA. Lalu, pada 3 Februari 2002, LPM SUKMA resmi berganti nama menjadi UKM Pers SUKMA hingga saat ini.

SUKMA berperan sebagai kontrol sosial secara kritis, analisis, ilmiah dan bersifat membangun serta sebagai sumber informasi bagi sivitas akademika Polinela. Dalam bekerja, SUKMA dilandasi perilaku yang jujur, pemikiran rasional, dan bersifat independen.

Sebagai wadah kreativitas, SUKMA memiliki tiga produk media, yaitu Buletin, Majalah, dan Media dalam jaringan (daring). Hingga usianya ke-21 kini, SUKMA telah menerbitkan 99 Buletin dan 14 Majalah.

VISI

Sebagai motor, dinamisator, stabilisator, mediator dan inspirator dalam dinamika pers kampus di Indonesia.

MISI

  1. Mewujudkan masyarakat kampus yang kreatif, disiplin, komunikatif, bermoral, intelektual, menjunjung supremasi hukum, serta berwawasan luas.
  2. Sebagai wadah aktivitas, komunikasi, informasi dan media belajar antara anggota UKM Pers SUKMA dan civitas akademika lainnya.
  3. Wadah yang menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa dan sivitas akademika lainnya.
  4. Melakukan kontrol sosial secara kritis, analisis, ilmiah dan bersifat membangun serta tidak memihak dalam memberi kontribusi untuk kemajuan Politeknik Negeri Lampung.