Suicidal, Bukan Solusi dan Akhir dari Permasalahan

Mari atasi tindakan suicidal dengan hal kecil yang dapan membangun diri masing-masing, Senin, 23 Oktober 2023 | Perssukma.id/Yosi Andreas

Dilansir berdasarkan data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Kepolisian RI (Polri), ada 971 kasus bunuh diri di Indonesia sepanjang periode Januari hingga 18 Oktober 2023. Bunuh diri atau Suicidal penyebab kematian terbesar kedua untuk usia 15-29 tahun (Organisasi WHO). Maraknya peristiwa bunuh diri di kalangan mahasiswa akhir-akhir ini menjadi sorotan khusus bagi sesama mahasiswa.

Tindakan sengaja mengakhiri hidup berujung kematian ini didasarkan pada banyak faktor, penyebabnya antara lain; masalah ekonomi, keluarga, penggunaan obat-obatan, dukungan sosial yang buruk, gangguan delusi atau halusinasi, merasa terjebak dan putus asa, mengalami kecemasan yang tinggi, mengisolasi diri, merasa diri tak layak, kurang mendapatkan support sehingga terpengaruh pada psikologis tertentu sehingga kesulitan mengatasinya, rasa benci yang membuat pikiran untuk menerima diri sendiri, sehingga membuat diri tak merasa nyaman dan tak bisa diluapkan. Sehingga tindakan Suicidal dirasa langkah yang paling tepat untuk membebaskan diri dari masalah dan tekanan yang dirasakan.

Bacaan Lainnya

Sesungguhnya Suicidal dapat diatasi dengan hal kecil yang dapat membangun diri kalian bahwa hidup bisa terus berjalan dan akan ada akhir yang terbaik yang akan kalian rasakan, cegah tindakan Suicidal dengan cara berikut;

1.Pikirkan Hal Kecil Personal yang Sederhana.
Mempunyai pikiran tentang hal-hal kecil personal yang sederhana sekalipun dapat menjadikan aspirasi dan alasan bagi kalian untuk tetap bertahan hidup.

    2.Sampaikan Apa yang Kalian Rasakan Jangan Khawatir.
    Mungkin tak semua bisa diceritakan secara gamblang namun kalian harus meluapkan kekhawatiran yang kalian tidak bisa tampung sendiri ke orang yang kalian percayai, dengan ini akan membantu kamu meluapkan sedikit perasaan negatif yang ada dan sedikit meringankan beban perasaan dan pikiran kalian.

    3.Memiliki Hewan Peliharaan.
    Hewan peliharaan memerlukan kehadiran manusia untuk menjaga dan merawatnya sehingga dengan memiliki hewan peliharaan dapat membantu memberikan alasan hidup, memberikan perasaan cinta, dan penerimaan tanpa syarat dari hewan peliharaan yang dijaga.

    4.Bantuan Psikiater.
    Dengan bantuan psikiater diharapkan bisa membantu karena yang diperlukan adalah membagi pikirian dan perasaan serta membicarakan agar saling merasa terhubung.

    Jadi teruntuk teman-teman apapun yang kalian rasakan itu benar dan nyata, tak perlu ragu untuk mencari bantuan karena kalian tak sendirian yakin ada satu dari jutaan orang di dunia ini yang masih akan menjadi tempat kalian untuk terus bertahan menjalani hidup ke depannya. Dan bagi para teman-teman perlu lebih peka dan aware terhadap lingkungan sekitar kalian, kenali tanda dan gejala Suicidal, serta teman-teman diharapkan mengetahui pencegahan bunuh diri, perhatikan jikalau orang terdekat kalian mengalami Suicidal thoughts beri ruang dan jangan pernah menghakimi agar tindakan Suicidal tersebut dapat dicegah sebelum terlambat. (*)

    Penulis : Rima Oktaviyana

    Penyunting : Dyanita

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    81 ÷ = 9