Sosialisasi Pengolahan Sampah, Poltapala Ajarkan Daur Ulang

Anggota Poltapa sedang mengajarkan Siswi SDN 1 Rajabasa Raya cara mengolah limbah sampah plastik,Selasa,21 Februari 2023 | perssukma.id/Andri Febriyadi.

Selasa, 21 Februari 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Politeknik Pecinta Alam (Poltapala) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menyelenggarakan sosialisasi Hari Sampah Nasional di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Rajabasa Raya dengan tema “Olah Sampah Oleh Generasi Bangsa”. Acara ini diikuti oleh siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) sebanyak 30 orang serta 13 orang dari UKM Poltapala. Kegiatan ini merupakan Program Kerja (Progja) yang bertujuan untuk mengelola sampah menjadi sebuah karya yang berguna sehingga dapat mengasah kreativitas anak-anak agar dapat memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat.

Suci Mei Lestari, Ketua Umum (Ketum) UKM Poltapala mengatakan tujuan dari sosialisasi tersebut ialah memperkenalkan kepada siswa/i akan pentingnya pengolahan sampah untuk dijadikan sebuah karya yang berguna dan bermanfaat. “Tujuannya untuk memperkenalkan kepada anak-anak SDN 1 Rajabasa Raya akan pentingnya  penggunaan sampah untuk dijadikan karya seperti membuat kotak pensil dari bahan botol bekas , dimana barang-barang bekas tidak hanya sekedar dibuang tetapi bisa dimanfaatkan ke hal yang lebih berguna,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Suci juga mengatakan, kegiatan ini sudah pernah dilakukan disalah satu SD di Natar pada beberapa tahun yang lalu dan diharapkan akan dilakukan terus menerus ke depannya. ”Tahun sebelumnya pernah dilakukan sosialisasi seperti ini di salah satu SD di Natar. Semoga acaranya bisa diadakan terus menerus di setiap peringatan hari sampah dan acara ini bisa lebih bermanfaat serta memberikan hal yang lebih luar biasa tentunya,” jelasnya.

Susilawati, Kepala Sekolah SDN 1 Rajabasa Raya mengatakan, sosialisasi ini adalah kegiatan yang positif untuk menambah ilmu pengetahuan anak-anak dikarenakan dalam sehari-hari guru tidak mengajarkan hal seperti ini. ”kegiatan yang positif menurut saya, apalagi pelajaran tentang mengelola sampah tidak diajarkan oleh guru setiap hari, dan juga ini menjadi sebuah kesempatan bagi mahasiswa memberikan ilmu yang didapat dari perkuliahan dan organisasi. Semoga program dari Mahasiswa Polinela bisa kembali datang ke SDN 1 Rajabasa Raya,” ucapnya.

Eliana, Guru SDN 1 Rajabasa Raya mengatakan, bahwa kegiatan ini baru dan belum pernah ada yang mengadakan kegiatan ini selama covid-19 di sekolah. “Karena dari awal covid jadi belum pernah ada yang melakukan kegiatan seperti ini disini. Baru Poltapala Polinela yang  pertama kali melakukan sosialisasi,” ucapnya.

Eliana sangat berharap kegiatan ini bisa memotivasi anak-anak agar kreatif sehingga meningkatkan mutu anak-anak. “Dengan adanya sosialisasi ini sangat memotivasi untuk meningkatkan kreativitas dan mutu siswa,” tuturnya.(*)

Penulis : Wahyu Attur Muzi, Ainul Yaqin Hw
Penyunting : Dyanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3