Sorot Comdev KSE Polinela Hasilkan Olahan Fish Roll Lele

Salah Satu Stand Di Acara Penutupan Peternakan Expo(TEREXPO) di pelataran Gedung Kenanga (QB) | Perssukma.id/DOK.KSE Polinela

Kamis, 6 Juli 2023 tengah berlangsung kegiatan lanjutan Peternakan Expo (TEREXPO) 2023 di pelataran Gedung Kenanga (QB) Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Acara ini merupakan bagian penutup dari serangkaian acara sebelumnya yang dimulai sejak 4 Juli 2023.

Sejumlah Mahasiswa Program Studi (Prodi) Perikanan dari Community Development (Comdev)Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) turut berpartisipasi dalam acara TEREXPO 2023 dengan memasarkan fishroll, sebuah produk olahan dari ikan lele. Produk tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kewirausahaan Teknologi Pembenihan Ikan (TPI).

Bacaan Lainnya

Cyndi Lutfiani, Mahasiswa Prodi TPI penerima beasiswa KSE menuturkan bahwa ide produk berawal dari Mahasiswa Perikanan. “Fishroll ini merupakan olahan dari ikan lele yang dibuat menjadi abon lalu di gulung menggunakan lumpia, ide awal itu dari kawan-kawan Perikanan yang dapat beasiswa KSE,” tuturnya.

Amar, Wakil Ketua Paguyuban KSE Polinela menjelaskan pemilihan ikan lele sebagai bahan utama produk. “Karena ikan lele ini memiliki kandungan protein yang lengkap dan mudah di cari,” ucapnya.

Ia juga membagikan rencananya ke depan terkait penjualan fishroll. “Untuk legalitas produk, perkembangan saat ini sedang mendaftarkan produk ini Standar Nasional Indonesia (SNI) dan halal. Kemudian, Insyaallah akan kami kembangkan melalui supermarket ataupun mini market juga,” katanya.

Selama berlangsungnya acara, pengunjung menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap pemasaran produk tersebut. “Untuk respon pengunjung sangat antusias dan untuk kendala sampai sekarang belum ada, serta kami ingin promosi lebih luas fishroll dan produk-produk yang lain,” ungkap Cyndi.

Defi Tiara Sari, salah satu pengunjung berharap agar acara ini dapat menyajikan beragam produk yang lebih bervariasi. “Harapannya semoga acara ini bisa lebih ramai lagi, produk yang ditawarkan itu beragam dan menarik,” harapnya.

Cyndi serta berharap agar TEREXPO 2023 dapat diadakan kembali pada tahun mendatang. “Harapannya acara ini bisa dibuat lagi dan pesertanya lebih banyak dari ini. Acara ini udah bagus, besar harapan ada lanjutannya lagi mungkin tahun depan,” tutupnya.(*)

Penulis: Arif Prayoga, Dyanita Navisa Cahyani
Penyunting: Juwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =