Praktikum Simulasi Kapal, Perikanan Tangkap Ada Lab Simulator Kapal

Mahasiswa Prodi Perikanan Tangkap sedang melakukan praktikum di Lab Simulator Kapal | Perssukma.id/Dok. Perikanan Tangkap

Pada tahun 2019, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mendapatkan dana hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membuat Laboratorium (Lab) Simulator Kapal. Lab Simulator Kapal berfungsi bagi praktikum mahasiswa, khususnya untuk Program Studi (Prodi) Perikanan Tangkap dan dibuka juga untuk umum sebagai kunjungan atau tempat belajar seputar penangkapan dan kapal, yang berlokasi di Gedung Kenanga (Q).

Lab Simulator Kapal adalah tempat atau ruangan yang dilengkapi dengan peralatan sistem komputer dan perangkat lunak untuk mensimulasikan kapal, pelabuhan, kondisi cuaca, lalu lintas laut, yang dibuat semirip mungkin dengan kapal pada umumnya supaya mahasiswa langsung merasakan praktikum seperti di kapal langsung.

Bacaan Lainnya

Dona Setya, Kepala Lab Perikanan Tangkap menjelaskan lokasi dan tata ruang di dalam Lab Simulator Kapal. “Lokasi Lab Simulator ada di Gedung Q sebelah kanan bawah tangga menuju lantai dua, ada 3 ruangan yaitu ruangan briefing room, ruangan instruktur, dan ruangan simulator kapal,” jelasnya.

Lab Simulator Kapal digunakan sebagai media pembelajaran yang mempunyai bentuk dan fungsi sama seperti alat atau unit yang aslinya. Dengan adanya Lab ini akan memberikan metode pembelajaran yang sangat baik guna mengetahui komponen, fungsi, dan cara kerja dari alat atau unit dari sebuah kapal yang asli.

Alda Nathania, Mahasiswa Perikanan Tangkap Semester 2 mengatakan Lab Simulator Kapal ini dilengkapi dengan Lab radar dan monitor. “Lab Simulator Kapal yang perputarannya 360 derajat dilengkapi dengan Lab radar dan monitor,” tuturnya.

Dengan adanya Lab tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mempelajari bagaimana cara mengemudi kapal, berkomunikasi antara kapal, membaca radar, membaring peta laut dan banyak lagi, yang akan mendukung mahasiswa menjadi seorang pelaut yang handal di atas kapal perikanan.

Mestiria Harbani Sitepu, Dosen Prodi Perikanan Tangkap berharap Lab Simulator Kapal ini bisa dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin. “Semoga dengan adanya Lab Simulator Kapal ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh seluruh kalangan, dan perlu dijaga perawatannya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.

Roby Binnur, Mahasiswa Perikanan Tangkap Semester 4 berharap agar kualitas Lab Simulator Kapal ini dapat ditingkatkan. “Harapannya kualitas dapat di tingkatkan lagi serta jam penggunaanya lebih diperbanyak agar mahasiswa dapat menggunakan fasilitas Lab Simulator dengan optimal,” tutupnya. (*)

Penulis : Muhammad Berlian Nurfadhilah, Dyanita Navisa Cahyani

Penyunting : Nadia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 ÷ = 14