Poltapala dan Duta Kampus Ajak Mahasiswa Polinela Jaga Kebersihan Lingkungan

Para Mahasiswa Sedang Mengambil Sampah di Sungai Polinela, Kamis, 12 Oktober 2023 | Perssukma.id/Duta Lingkungan Polinela 2023

Kamis, 12 Oktober 2023, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Politeknik Pecinta Alam (Poltapala) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) bersama Duta Kampus Polinela mengadakan kegiatan ‘’Gerakan Polinela Kamis Bersih’’. Kegiatan ini bertujuan mengajak Sivitas Akademika Polinela untuk menjaga kebersihan lingkungan kampus, terlebih di musim kemarau ini.

Suci Mei Lestari, Ketua Umum (Ketum) Poltapala mengatakan alasan diadakannya kegiatan ini untuk mengajak Mahasiswa Polinela menjaga kebersihan lingkungan kampus. “Ingin menyadarkan bahwa lingkungan itu penting buat kita, dan Mahasiswa Polinela ini kurang pengetahuan tentang lingkungan contohnya buang sampah sembarangan, di kantin sampahnya berserakan, lalu yang paling diutamakan dalam bersih-bersih ini bagian sungai karena itu sering menyebabkan banjir,” katanya.

Beberapa mahasiswa dari berbagai Organisasi Mahasiswa (Ormawa) mulai bergerak membersihkan sampah pada pukul 16.00 WIB setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai. Gerakan ini merupakan inisiatif Poltapala Polinela yang sudah rutin dilakukan, namun sempat vakum beberapa bulan karena Poltapala Polinela memiliki persiapan acara lainnya.

Lukman Nudyn, Duta Lingkungan Polinela 2023 mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Tujuannya yang pasti untuk menjaga kebersihan lingkungan, apalagi sekarang sedang kemarau, kalau nanti tiba-tiba hujan dengan kondisi sampah yang memenuhi sungai, bisa menyumbat dan meluap hingga terjadi banjir. Jadi tujuannya untuk mengantisipasi hal tersebut,” ujarnya.

Fanisa selaku Kepala Divisi (Kadiv) Lingkungan Hidup Poltapala mengatakan pendapatnya bahwa bersih-bersih kampus ini harus Sivitas Akademika yang melakukannya. “Kalau bukan kita siapa lagi, karena itu dikerjakan bersama, agar kampus kita juga bersih dan nyaman,” ucapnya.

Suci juga berharap akan ada dukungan dari pihak kampus untuk memperbanyak tempat sampah. “Harapannya mungkin kotak sampah perlu diperbanyak. Di kantin mungkin udah banyak, tapi untuk di titik-titik tertentu yang memang kurangnya kotak sampah itu harus ditambah lagi dan harus lebih semangat serta mau diajak gotong-royong apalagi ini kepentingan kita semua,” harapnya.

Fanisa berharap ke depannya lebih banyak mahasiswa yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih ini. “Harapan saya untuk Mahasiswa Polinela agar lebih banyak lagi yang ikut andil dalam bersih kampus ini. Jadi kalau misalnya lebih ramai, kita juga bisa lebih cepat waktu bersih-bersih kampusnya,” tutupnya.(*)

Penulis: Kalina Tantri, Muhammad Salman
Penyunting: Juwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21 ÷ 7 =