Polinela Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Lahir Pancasila

Suasana pengibaran bendera merah putih di Lapangan Gedung Serba Guna Politeknik Negeri Lampung, Sabtu, 1 Juni 2024 | Pessukma.id/ Nadia

Sabtu, 1 Juni 2024, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang diselenggarakan di Lapangan Gedung Serba Guna (GSG) Polinela. Sebanyak 19 orang pengibar bendera dari anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Garda Kedisiplinan turut berpartisipasi dalam upacara tersebut.

Upacara ini bertujuan tidak hanya dilakukan untuk Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, tapi juga sebagai upaya seorang warga Negara Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dwi Puji Hartono, Wakil Direktur (Wadir) 1 Polinela menyampaikan bahwa upacara peringatan hari lahirnya Pancasila ini penting dilakukan. “Memperingati hari Pancasila merupakan suatu momen di mana kita mengenang proses terbentuknya negara, yang salah satunya dilandasi dengan Pancasila, ini sangat penting sekali untuk mengingatkan generasi-generasi muda. Serta nantinya bisa diimpelemntasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Dalam proses pendidikan, mengamalkan Pancasila tidak hanya menghafal tetapi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh praktis yang ada di kita yaitu toleransi beragama, toleransi di antara suku bangsa. Dengan keberagaman suku, bangsa, dan agama, itu menjadi suatu tantangan khusus dalam pelaksaan kegiatan seperti ini karena kita diminta untuk toleransi, mengedepankan kebersamaan, dan mengedepankan musyawarah. Ini menjadi salah satu upaya yang terus kita lakukan.

Ayu Lestari, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pengelolaan Agribisnis menyampaikan beberapa manfaat dalam kegiatan hari ini. “Manfaatnya yang pertama itu, kita kan di Polinela melatih kedisiplinan, karena kedisiplinan itu sangat penting bagi mahasiswa-mahasiswa. Terutama saat kita nanti ketika ingin bekerja di luar, nah positif jiwa kedisiplinannya itu paling dinilai sama atasan yang ada di perusahaan tersebut. Itu bisa menjadi wadah buat kita untuk di Polinela ini dan bisa kita terapkan di luar,” ucapnya.

Wadir 1 berharap agar kedepannya lebih banyak yang menghadiri kegiatan ini. “Mungkin tidak terlalu banyak adik-adik yang hadir, mungkin disebabkan karena kebetulan hari Sabtu adalah hari libur. Saya berharap agar ke depannya nanti bisa semakin banyak yang mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini karena ini adalah seremonial pesta kita semuanya,” harapnya.

Dia juga berpesan kepada semuanya supaya terus mempertahankan keberagaman yang ada dilingkungan Polinela. “Pesan saya kepada seluruh sivitas akademika Polinela tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi untuk seluruh sivitas dosen, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), teknisi, dan mahasiswa, mari kita jaga keberagaman ini menjadi sebuah kekuatan jadi, jangan sampai keberagaman yang ada di kita ini menjadi sebuah hal yang akan meruntuhkan,” pesannya.(*)

Penulis : Yunika Maritasari, Nadia

Penyunting : Dina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

77 ÷ 11 =