Peringati Hardiknas 2024, Polinela Gelar Upacara Bendera

Polinela menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, Kamis, 2 Mei 2024 | Perssukma.id/Thalita Nabhila

Kamis, 2 Mei 2024, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Upacara tersebut melibatkan seluruh Sivitas Akademika Polinela. Sebanyak 18 orang pengibar bendera dari anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Garda Kedisiplinan turut berpartisipasi dalam upacara tersebut.

Kegiatan upacara ini diselenggarakan setiap tahun di Lapangan Gedung Serba Guna (GSG). Mahasiswa Polinela dihimbau untuk mengenakan selendang tapis, sementara para dosen mengenakan baju putih dan kain tapis pakaian khas adat Lampung. Hal ini dilakukan karena ada amanah dari kementerian yang telah diberikan melalui surat edaran, yang mewajibkan penyelenggaraan upacara.

Peringatan Hardiknas bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa agar terus mendukung dan memajukan sistem pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Ini juga mengingatkan pentingnya memberikan pendidikan yang berkualitas pada penerus generasi bangsa serta mengenang agar pendidikan selalu menjadi motivasi tulang punggung untuk pengembangan masyarakat secara umum.

Dwi Puji Hartono, Wakil Direktur I (Wadir) Polinela dan Pembina Upacara Hardiknas 2024 menyampaikan bahwa harus memahami pentingnya Hari Nasional tentang pendidikan. “Pendidikan dapat mensejahterakan, artinya pendidikan adalah salah satu langkah awal untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Oleh karena itu, seluruh Masyarakat Indonesia, khususnya di Polinela, harus memahami pentingnya Hari Nasional tentang pendidikan, dan meningkatkan mutu pendidikan serta peran Polinela terutama dalam mendidik anak-anak petani dan warga di wilayah Lampung Sumbagsel dan sekitarnya untuk meningkatkan mutu pendidikan serta akses pelayanan yang baik bagi peserta didik,”ucapnya.

Dita Pratiwi, Dosen Program Studi (Prodi) Agribisnis Pangan menjelaskan bahwa upacara cukup unik karena setiap tahun menggunakan kain Tapis Lampung. “Ada slogan bahwa kita harus belajar tanpa henti, sehingga kita tidak menanggung atas perihnya kebodohan,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa upacara Hardiknas tahun ini lebih baik dibandingkan dengan upacara sebelumnya karena partisipasi yang besar dari mahasiswa dan karyawan Polinela.

Halimah Tusa’diah, Mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan berpesan kepada seluruh mahasiswa agar lebih semangat dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan lebih memahami makna Hardiknas. “Harapan saya adalah semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dengan adanya program-program unggulan seperti kurikulum Merdeka untuk sekolah baik itu SMP atau SMA. Semoga ada lagi program yang dapat memajukan dan membuat mahasiswa berkembang lebih baik untuk generasi kedepan, sehingga ada apresiasi kepada guru dan dosen yang memberikan peran penting dalam memberikan pendidikan berkualitas,” ujarnya.

Penulis : Thalita Nabhila, Fenna Enjellia

Penyunting : Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =