Pentingnya Menutup Aurat, Al-Banna Gelar Seminar GEMAR

Penyampaian Materi Pentingnya Menutup Aurat Oleh Fitria di Gedung Sakura, Minggu, 26 Maret 2023 | Perssukma.id/Rahmanika Fauzia Ayassi

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Banna menggelar Seminar Gerakan Menutup Aurat (GEMAR) dengan tema “Mencintai Diri Sendiri Dimulai Dari Menutup Aurat” di Gedung Sakura Politeknik Negeri Lampung (Polinela) pada Minggu, 26 Maret 2023. Acara ini berkesinambungan dengan Pawai GEMAR yang diadakan pada tanggal 19 Februari 2023 lalu.

Acara yang dikhususkan untuk akhwat atau perempuan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan delegasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Polinela. Selama berlangsungnya kegiatan, UKM Al-Banna menggaet Jurnalis Wawai Media 2023, Fitria S.I.Kom. sebagai pemapar materi.

Bacaan Lainnya

Selain sesi penyajian materi, Yuli Novita Sari, Ketua Pelaksana (Ketuplak) Seminar GEMAR menjelaskan jalannya acara dilengkapi dengan pembagian jilbab serta baju kepada para peserta yang hadir. “Kita disini mendengarkan materi, melakukan donasi, serta membagikan beberapa jilbab dan baju kepada para peserta,” ucapnya.

Salah satu peserta seminar, Shindy Fatmawati dari Program Studi (Prodi) Perjalanan Pariwisata (PW) menjelaskan manfaat yang dirinya dapatkan setelah mengikuti seminar tersebut. ”Buat saya pribadi, manfaatnya saya jadi tahu ternyata selama ini cara saya menutup aurat itu kurang baik dan benar. Nah, dengan saya ikut seminar ini saya jadi tahu tata cara menutup aurat yang benar itu seperti apa,” jelasnya.

Selain Shindy, peserta dari Prodi Manajemen Informatika (MI), Clara Mayang Shinta juga berpendapat bahwa acara tersebut sangat memotivasi terutama bagi para perempuan yang baru melakukan hijrah. “Acara tadi sangat bermanfaat khususnya bagi perempuan yang baru berhijrah sehingga dari acara tadi dapat memotivasi dan menguatkan niat untuk menutup aurat dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Saya semakin sadar akan pentingnya menutup aurat serta menguatkan niat saya semata hanya karena Allah,” tuturnya.

Selama berjalannya acara, Yuli mengungkapkan kendala atas lamanya proses menghidupkan proyektor yang tidak terduga. “Setiap acara pasti ada kendala ya, kalau kami tadi proyektor yang bermasalah jadi acaranya terundur waktunya,” ungkapnya.

Melalui seminar ini Shindy mengutarakan harapannya untuk para perempuan muslim agar bisa lebih paham dalam hal menutup aurat. “Semoga dengan diadakannya seminar tadi kita para wanita muslim bisa lebih paham dalam bagaimana cara untuk menutup aurat, cara berpakaian yang baik dan benar itu seperti apa dan bisa lebih mengerti pentingnya menutup aurat bagi umat muslim terutama wanita,” jelasnya.

Yuli serta berharap agar UKM Al-Banna bisa terus semangat menyebarkan ajaran untuk menutup aurat dan hal-hal baik lainnya. “Semoga UKM Al-Banna lebih maju lagi dan terus semangat menyebarkan hal-hal baik untuk orang lain. Bersama-sama mengajarkan untuk diri sendiri agar menjadi versi yang lebih baik dari sekarang,” tutupnya. (*)

Penulis : Puput Sugandari, Rahmanika Fauzia Ayassi

Penyunting : Galih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 9