Pahami AI dalam Seminar IT HMJ Ekbis Polinela

Pemateri Agus Wantoro memberi edukasi bahaya serta manfaat dari AI, Minggu 12 Mei 2024 | Perssukma.id/ Kd Asti Ananta Damayanti

Minggu, 12 Mei 2024, Himpunan Jurusan Mahasiswa (HMJ) Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) menggelar seminar Information Technology (IT) dengan tema “Artificial Intelligence” (AI) di Gedung Kenanga Bawah (QB) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dengan jumlah 66 peserta diantaranya dari Jurusan Ekbis dan untuk umum. Tujuan acara ini diadakan untuk mendapatkan pemahaman mengenai AI dan apa saja bahaya serta manfaat yang bisa didapat dari AI tersebut.

Dwi Ramadhan, Ketua Pelaksana (Ketuplak) mengatakan bahwa alasan mengambil tema tersebut yaitu karena mengikuti perkembangan zaman yang semakin didominasi oleh teknologi. “Karena di zaman sekarang ini, kita semua sangat erat hubungannya dengan AI, teknologi tersebut dapat dimanfaatkan seperti untuk mencari referensi tugas,” ucapnya.

Dalam proses acara terdapat sedikit kendala dan dapat teratasi dengan baik “Untuk proses, pasti di setiap acara itu tidak berjalan dengan mulus ya, pasti ada kendala-kendala lagi. Dan bersyukur setiap kendala bisa diatasi,” tambah Dwi.

Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri, pemateri pertama yaitu Agus Wantoro yang membahas mengenai revolusi industri, serta memberikan wawasan atas ancaman penipuan digital, pemahaman terhadap risiko pencurian data pribadi, dan berbagai modus yang digunakan dalam pencurian data pribadi. Sedangkan pemateri kedua yaitu Putra Pribowo, yang mengupas tentang bagaimana keamanan terhadap AI dikarenakan banyaknya modus penipuan digital.

Putra Pribowo, salah satu pemateri seminar mengungkapkan terkait acara hari ini yang diikuti oleh peserta yang sangat antusias dan memang niat untuk belajar. “Kalau menurut saya antusiasnya oke, artinya dari pemateri pertama sampai akhir mereka tetap antusias. Karena saya lihat juga ini hari minggu dan mereka menyempatkan kan waktu untuk mengikuti kegiatan ini, artinya mereka sudah niat untuk belajar. Sangat luar biasa pokoknya,” ungkapnya.

M. Rakha Ramadhan, salah satu peserta juga memberikan tanggapan terkait acara hari ini yang memberikan ilmu yang penting di jaman sekarang. “Materi hari ini penting dipelajari apalagi di jaman sekarang, kita sudah banyak pakai AI, kita harus tahu bagaimana kebutuhan dari AI, dan bagaimana kita harus menyikapinya baik dalam pembagian data dan menyimpan data. Dan untuk kegiatannya sendiri lumayan kondusif,” ucapnya.

Rakha juga berharap adanya relevansi AI ini dapat lebih mengerti tentang perkembangan AI, “Harapannya dengan adanya pembelajaran ini kami lebih mengerti bagaimana menyikapi data yang kami punya, mengetahui bagaimana pengaruh AI dan juga pergembangan AI,” tutupnya.

Penulis : Kd Asti Ananta Damayanti, Natasya Rohimah

Penyunting : Dina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 ÷ 1 =