P2MD Prodi PW Bangun Tata Kelola Desa Lugusari

Foto Bersama Masyarakat Dosen, dan Mahasiswa P2MD | Perssukma.id/DOK. P2MD

Program Studi (Prodi) Perjalanan Wisata (PW) lolos Proposal Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) yang merupakan kegiatan guna memajukan desa dengan implementasi kompetensi mahasiswa di daerah tertentu. Proposal tentang kepariwisataan dengan judul “Penguatan Kapasitas Masyarakat Sociopreneur dan Optimalisasi Ekowisata Melalui Pengembangan Tata Kelola Desa Lugusari” yang bertempat di Desa Lugusari, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

Diketuai oleh Ade Andriani Mahasiswa Semester 5 dengan sembilan anggota lainya dan semester 3, mereka melaksanakan beberapa program kegiatan antara lain program Capacity Building, Digitalisasi Marketing serta pembangunan fisik penunjang kegiatan ekowisata. ”Kami melaksanakan 3 program kegiatan seperti pelatihan pemandu wisata dan pelatihan instruktur experential learning pelatihan pengemasan produk atau paket wisata dan digitalisasi marketing serta pembuatan peta wisata signage QR Code di 5 titik jalur wisata prioritas Desa Lugusari,” ungkap ketua P2MD.

Bacaan Lainnya

Selama P2MD berjalan diisi oleh pelatihan dan pemateri yang ahli dibidangnya seperti M. Syaifullah yaitu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Lampung dan Owner Ethos Management, lalu ada Sri Wantoro anggota Aeli Lampung dan Anggota Fasilitator Experiential Learning, Enggar Dwi Cahyo Dosen Prodi PW dan Fergiawan Listianto Alumni Prodi PW angkatan 2019 yang memang kompeten dibidang Digitalisasi Marketing. Acara ini disambut antusias masyarakat desa dan dibersamai oleh masyarakat sekitar secara gotong royong. 

Terdapat beberapa kendala internal, seperti penyesuaian hari kegiatan karena dibersamai dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan masyarakat desa lugusari. Thomas Putut Pramudia, anggota P2MD menjelaskan kendala yang dialami selama kegiatan tetapi masih bisa diusahakan. ”Kendala pastinya ada ya tapi kita sebagai tim harus bisa mencari solusi untuk masalah yang ada apalagi membawa nama prodi dan kampus,” jelas Thomas.

Banyak hal positif hal yang didapat dalam kegiatan P2MD mulai dari relasi, pembelajaran, kontribusi langsung dalam memberdayakan masyarakat Desa Lugusari. Indah Larasati, Mahasiswa Prodi PW menanggapi teman-teman yang mengikuti P2MD sangat positif. ”Menurut aku melihat mereka ikut serta dalam P2MD sangat excited karena membangun hal yang positif dan pastinya sangat membantu desa yang dituju,” tutup Indah.(*)

Penulis: Jevi Adriansya, Asya Desta Farisa

Penyunting: Dyanita Navisa Cahyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37 + = 38