Momentum Tahun Baru Islam Al Banna Gelar Kajian

Kajian Tahun Baru Islam di Masjid Al-banna, Rabu, 19 Juli 2023 | Perssukma.id/Puput Sugandari

Rabu, 19 Juli 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al Banna mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam di Masjid Al Banna Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Acara ini bertemakan “Momentum Tahun Baru Islam sebagai Bahan Refleksi Diri untuk Mencapai Sang Ilahi” dengan menghadirkan Pemateri H. Aidi Afrian, S.Sos.I yang merupakan seorang Mudir Tahfidz Qur’an Dewan Da’wah Lampung.

Pada kegiatan ini tak hanya dihadiri oleh para anggota UKM Al Banna dan delegasi, namun dihadiri dan dibuka juga oleh Direktur Polinela Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si. Acara ini diadakan dengan tujuan agar semua orang dapat berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

H. Aidi Afrian menjelaskan bahwa makna Tahun Baru Islam adalah hijrah oleh karena itu manusia harus hijrah dari yang tidak baik menjadi lebih baik lagi. “Tolak ukur penanggalan Islam itu adalah hijrah maka penanggalan kita disebut dengan hijriah. Orang yang hijrah kata nabi itu sekarang bukan lagi pindah fisik tapi pindah pola pikir, pindah niat, pindah hati, menjadi lebih baik di masyarakat maka kita semua harus hijrah dari yang tidak baik, menjadi lebih baik itu maknanya,” katanya.

Ia juga memberi tanggapan mengenai antusias Mahasiswa Polinela yang sedang libur namun meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara ini. “Luar biasa, saya tidak menyangka kalau yang datang ramai padahal kampus sedang libur. Jadi yang datang memang orang-orang mujahid, orang yang punya tekad kuat untuk hadir. Hari libur begini biasanya kesempatan mahasiswa untuk bersantai dan bersih-bersih rumah namun karena mencintai hari besar Islam pesertanya masih ramai, itu luar biasa saya apresiasi,” tambahnya.

Febri Periya Nanda selaku Ketua Pelaksana (Ketuplak) menjelaskan tema yang diambil dalam acara ini. “Maknanya kita harus bisa berbenah, bisa berubah lebih baik dari tahun sebelumnya yang ibadahnya kurang kita semakin rajin bisa semakin taat di tahun yang baru dengan perilaku baru yang lebih baik,” ucapnya.

Ernawati selaku Wakil Departemen Humas dan Syiar UKM Al Banna berharap acara ini berdampak baik kepada seluruh mahasiswa. “Alhamdulillah berjalan dengan lancar, walaupun ada beberapa kendala, semoga acara ini dapat menjadi media muhasabah untuk kita menjadi muslim yang lebih baik, saya harap acara ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan semoga dampak baik dari acara ini dapat dirasakan oleh seluruh Mahasiswa Polinela,” harapnya.

Febri berharap acara ini ke depannya lebih maksimal dan ramai. “Harapan saya semoga acara ini ke depannya bisa lebih maksimal, ramai dari segi kuantitas dan meriah agar syiar kita tersampaikan ke banyak orang,” tutupnya.(*)


Penulis : Puput Sugandari, Wahyu Attur Muzi

Penyunting : Juwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2