Menuju UMKM Kreatif di Era Digital Bersama Prodi TRI

Suasana penyuluhan berbasis website kepada pelaku ekonomi bidang kuliner di Gedung Gedung Laboratorium (Lab) Analisis Ruangan Lab Jaringan Komputer Politeknik Negeri Lampung | Perssukma.id/Syahreza Riatma

Beberapa Dosen Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Internet (TRI) dan salah satu Dosen Prodi Teknologi Pangan di Gedung Laboratorium (Lab) Analisis Ruangan Lab Jaringan Komputer Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan penyuluhan kepada pelaku ekonomi dibidang kuliner, berupa penyuluhan berbasis website (web), Sabtu, 18 Mei 2024, guna memudahkan pelaku ekonomi kreatif atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lampung.

Kegiatan ini adalah Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Kementerian Pendidikan untuk pengabdian dosen terhadap masyarakat, terbagi menjadi beberapa sesi yaitu pengembangan desain dan manajemen web E-Commerce.

Bacaan Lainnya

Web ini disediakan oleh Polinela secara gratis untuk menunjang kegiatan penjualan dari UMKM yang berpartisipasi dalam acara ini, untuk web nya sendiri yaitu umkm.iet.polinela.ac.id yang dapat diakses oleh penjual maupun pembeli.

Zuriati, Dosen Prodi TRI dan pelaksana acara mengungkapkan bahwa ini diberikan untuk pengabdian dosen terhadap masyarakat terkhusus UMKM di Lampung. “Acara ini diberikan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi untuk pengabdian dosen terhadap masyarakat terkhususnya UMKM yang ada di Lampung ini,” jelasnya.

Beberapa anggota UMKM di Lampung yang tergabung dalam komunitas Gerakan Seribu Tangan Kreatif Lampung, berpartisipasi dalam acara ini salah satunya UMKM dengan produk kopi siap seduh milik Sandi yang kopinya sendiri diambil dari perkebunan Lampung Barat, Tanggamus, dan Way Kanan.

Sandi memaparkan bahwa acara ini sangat membantu untuk kegiatan promosi usahanya. “Saya merasa sangat terbantu untuk mempromosikan produk saya karena difasilitasi software dan teknisi yang membantu memaparkan penggunaan software tersebut untuk membuat poster terkait produk yang saya jual,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan jika mereka difasilitasi web secara gratis untuk membantu menjual produknya. “Kami juga difasilitasi web dari acara ini secara gratis untuk menjual produk-produk kami, dan harapannya untuk kedepannya omset kami bisa lebih besar dari sebelumnya,” tambah Sandi.

Mahasiswa TRI juga ikut andil dalam acara ini dengan menjadi teknisi untuk membantu para partisipan menggunakan software dan mengakses web E-commerce yang dipaparkan oleh Nurul Qomariyah, Dosen Polinela.

Dzakwan, salah satu mahasiswa Prodi TRI yang menjadi teknisi dalam acara ini membantu para anggota dalam mengakses software desain dan web E-commerce kepada para partisipan UMKM. “Saya dan beberapa mahasiswa TRI ikut membantu dalam kegiatan ini dengan menjelaskan cara pemakaian software desain dan web E-commerce,” ucapnya.

Dengan kegiatan ini, Zuriati berharap bahwa website ini bisa digunakan dengan sebaik mungkin dan tidak hanya berfokus pada penjualan tetapi juga pemasaran. “Harapan saya webnya benar-benar bisa dipakai dan diakses oleh penjual dan pembeli dengan mudah, terkadang penjual hanya berfokus terhadap pesanan tetapi tidak berfokus pada promosi tentang produknya,” tutupnya. (*)

Penulis : Syahreza Riatma, Devi Damayanti

Penyunting : Dyanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25 − = 19