Menuju Ramadhan Bersama BMQ UKM Al-Banna

Pemberian sambutan oleh Pembina UKM Al-Banna, Sudiyo di Masjid Al-Banna, Sabtu, 09 Maret 2024 | perssukma.id/Nabila Agustina

Sabtu, 09 Maret 2024, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Banna Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan Launching Belajar Membaca Quran (BMQ) yang kedua pada tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini diadakan di Masjid Al-Banna dengan tema “Ramadhan Indah Bersama BMQ” yang bertujuan untuk memperbaiki akhlak Mahasiswa Polinela serta memperkenalkan ilmu-ilmu takhsin terkait dengan Al-Quran.

Acara ini dibuka oleh Wakil Direktur (Wadir) III, Agung Adi Chandra dan menghadirkan pemateri yaitu Ustaz Sukirman. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan UKM Al-Banna yang dikhususkan untuk Mahasiswa Polinela semester 2.

Bacaan Lainnya

Hendy Tio Pratama, Ketua Pelaksana (Ketuplak) Launching BMQ mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mahasiswa dalam menunjang Mata Kuliah (Matkul) Agama Islam. “Launching BMQ ini dilakukan khusus Mahasiswa semester 2, yang mendapatkan matkul Agama Islam. Kami dari pihak UKM Al-Banna memfasilitasi amanah Dosen matkul Agama Islam untuk membantu menunjang pembelajaran,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan UKM Al-Banna dari tahun 2018 dan terbagi dalam dua kloter. Kloter pertama pada semester 1 dan kloter kedua pada semester 2.

BMQ ini merupakan pemenuhan tambahan nilai Matkul Agama Islam. Tetapi pada prinsipnya, kegiatan ini dapat mengisi separuh otak Mahasiswa Polinela sehingga memiliki akhlak yang mendekati Quran sesuai dengan sunnah rasul, sehingga akan memberikan efek pada Polinela.

Ratna, peserta BMQ Program Studi (Prodi) Akuntansi Bisnis Digital memberi tanggapan terkait launching BMQ yang sangat berkesan. “Acara ini sangat berkesan sekali karena launching BMQ sangat penting bagi Mahasiswa semester 2, karena dapat menunjang dan membentuk karakter kita menuju bulan Ramadhan,” ucapnya.

Agung juga berharap agar kegiatan ini juga dilakukan oleh agama lain dan memiliki konsep yang serupa dan dilaunching di saat yang bersamaan. “Harapan saya, karena BMQ ini berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam, tidak hanya disisi mahasiswa beragama Islam, tetapi agama-agama lain agar memiliki konsep serupa dan mungkin dilaunching di waktu yang bersamaan, sehingga nantinya seluruh Mahasiswa Polinela akan memiliki background yang sama sesuai kepercayaannya masing-masing, dan memberi efek pada Polinela menjadi lebih baik, beragama, berprestasi, dan tentunya berakhlakul karimah,” tutupnya. (*)

Penulis : Devi Damayanti, Nabila Agustina

Penyunting : Dina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 18 =