Mengisi Libur Kuliah, Al Banna Gelar Takhassus Al-Qur’an

Beberapa peserta Tahfidz Quran di Masjid Al-Banna, Sabtu, 5 Agustus 2023 | Perssukma.id/Andri Febriyadi Putra

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al Banna Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar acara Takhassus Al-Qur’an 2023 dengan tema “Keren itu? Kuliah Jalan, Al-Qur’an Gak Ketinggalan”. Acara yang seharusnya rutin dilaksanakan tiap tahunnya ini sempat tertunda selama 3 tahun terakhir dikarenakan pandemi Covid-19.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan minat dalam mendalami Tahfidz Qur’an.”Tujuan terselenggarakannya acara ini agar bisa menciptakan dan menimbulkan minat dari teman-teman dalam mendalami Tahfidz Qur’an,” ujar Anom Suwito, Ketua Pelaksana (Ketuplak) Takhassus Al-Qur’an 2023.

Bacaan Lainnya

Acara ini akan berlangsung di Masjid Al Banna selama 6 hari, terhitung sejak 5-10 Agustus 2023, dibuka untuk Mahasiswa Polinela dan masyarakat umum dimana seluruh peserta Takhassus Al-Qur’an tersebut tidak diperkenankan memegang handphone selama acara berlangsung.

Para peserta Ikhwan akan menginap di Masjid Al Banna dan Akhwat menginap di gedung CB 2. Acara ini difokuskan kepada para peserta untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an. “Untuk kegiatannya kita full benar-benar menghafal Al-Quran, Murojaah hafalan dan kegiatan yang mendukung lainnya. Jadi untuk gadget kita bebas selama 6 hari ke depan,” ucap Camilla Ainaiya, panitia acara.

Camila juga berharap agar peserta dapat menjadikan ini sebagai kesempatan untuk mengulang dan menambah hafalan. “Harapan agar acara Takhassus ini dapat menjadi kesempatan bagi peserta untuk kembali mengulang hafalan sebelumnya dan menambah hafalan lagi, karena seperti yang kita ketahui ya kalau lagi kuliah jangankan mengulang menambah saja berat, tidak sempat,” ujarnya.

Ernawati, peserta Takhassus Al-Qur’an 2023 mengatakan acara ini sangat bermanfaat untuk mengisi hari libur kuliah. “Takhassus Al-Qur’an 2023 ini sangat bagus untuk mengisi waktu libur dengan hal-hal yang bermanfaat. Meluangkan waktu khusus untuk Al-Qur’an karena memang selama kuliah, waktu untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an terbatas karena banyak kegiatan-kegiatan kampus lainnya,” tuturnya.

Ia juga berharap dengan mengikuti acara ini membuat para peserta dapat lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur’an. ‚ÄúSemoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat lebih mendekatkan diri kita dengan Al-Qur’an, dapat menambah hapalan, serta memperbaiki bacaan dengan benar sesuai dengan tajwid dan mempererat silaturahmi,” tuturnya.

Sudiyono, Pembina UKM Al Banna juga berharap agar informasi mengenai acara tersebut dapat lebih luas. “Harapannya agar informasi mengenai acara ini lebih luas sehingga peserta yang ikut dapat lebih banyak lagi, apalagi antusiasme dari pihak Sivitas Akademika juga lumayan banyak terbukti saat pengajuan proposal kemarin Alhamdulillah antusiasmenya ada,” tutupnya. (*)

Penulis : Anggi Novita Sari, Andri Febriyadi Putra

Penyunting : Nabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 7 =