Membangun Mindset Berbisnis, HMJ Ekbis Gelar Seminar Kewirausahaan

Acara Seminar Kewirausahaan di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela, Sabtu, 12 November 2022 | Perssukma.id/Melani Safira

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi dan Bisnis (Ekbis) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar Seminar Kewirausahaan dengan tema “Become Successful in Youth Trough with Entrepreneurship”. Acara ini digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela, Sabtu, 12 November 2022 mulai pukul 08.00 WIB. Seminar ini merupakan bagian dari program kerja (progja) HMJ Ekbis yang diselenggarakan setiap tahunnya. Acara ini terbuka untuk umum dan diikuti oleh 100 peserta, dengan harga tiket masuknya sebesar Rp15.000,-.

Pada kegiatan ini, HMJ Ekbis mengundang Hani Siti Soleha, owner Kittyhijab dan Kittypetshop, dan Sheyla Taradia Habib,  owner Beeme Skincare dan pemilik saham Sambal Alu sebagai pemateri dalam seminar ini.

Bacaan Lainnya

Adapun tujuan diadakan acara ini adalah untuk menumbuhkan minat dan bakat generasi muda dalam berwirausaha. “Jadi kaya sarana menumbuhkan motivasi buat mereka, biar mereka nih tau wirausaha itu apa, terus mereka kaya punya minat di bidang wirausaha,” kata Ema Yudiana Cahyani selaku Ketua Pelaksana.

Dalam seminar ini, Hani Siti Soleha menjelaskan bagaimana cara membangun personal branding, dan hal yang harus dipersiapkan, yaitu memiliki mindset seorang pengusaha, berani take action, aktif membangun relasi, dan fokus. “Yang paling penting itu dengan membangun relasi ke semua orang dan berbuat baik sampai memberi kesan yang baik untuk setiap orang, karena setiap orang merupakan pasar yang bakal jadi pembeli kita,” tutur Hani.

Selain menjelaskan cara membangun personal branding, Sheyla turut menjelaskan cara meningkatkan jiwa kewirausahaan, yaitu dengan lebih mengenali diri sendiri terlebih dahulu, mencoba take action, serta mengupgrade diri. “Nyoba dulu aja jualan apapun. Kita happy gak ngejalaninnya? Kita passion gak ngejalaninnya? Ikut seminar gini bagus nih, jadi jiwa kewirausahaan kita bisa terbangun,” ujarnya.

Adil Jeddi Radja, Gubernur HMJ Ekbis memberikan tanggapan bahwa, berwirausaha itu sangat penting terutama untuk generasi muda di masa yang akan datang, yang di mana tuntutan ekonomi serta produktivitas menuntut harus lebih kreatif lagi, terutama di sektor ekonomi. “Harapannya semoga bisa mewadahi teman-teman sekalian untuk berwirausaha kedepannya,” harapnya.

Ia juga memberikan kesan, bahwa acara ini sangat bagus karena bukan sembarang pemateri yang diundang. “Semoga apa yang disampaikan dan yang kita dapat di seminar ini bisa bermanfaat nantinya. Dan, semoga acara ini tetap berlanjut di tahun berikutnya,” tambah Adil.

Dengan adanya kegiatan ini Ema berharap, HMJ Ekbis tetap menjadi wadah untuk Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis untuk lebih upgrade diri. “Harapannya, HMJ Ekbis tetap menjadi wadah untuk Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis untuk lebih upgrade diri. Menjadi wadah yang dicari untuk mahasiswanya apabila memiliki kendala, baik akademik maupun non-akademik, serta menjadi HMJ yang baik, yang bisa mengajak kawan-kawan untuk tumbuh bersama,” tutupnya.(*)

Penulis : Melani Safira, Aura Adzra Salsabil
Penyunting : Novri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =