Lirik Fasilitas Toilet di Gedung Lab B Polinela

Tampak Depan Lab B Polinela | Perssukma.id/DOK Pers Sukma

; Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan Perikanan atau sering disebut Laboratorium B (Lab B) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) merupakan fasilitas yang disediakan Polinela untuk menunjang kegiatan belajar mengajar praktikum dan penelitian khususnya untuk Mahasiswa Perikanan dari Program Studi (Prodi) D4 Teknologi Pembenihan Ikan (TPI) dan D3 Budidaya Perikanan (BDP).

Gedung Lab B ini memiliki keluhan berupa sarana fasilitas toilet, fasilitas yang seharusnya ada pada tiap gedung sayangnya hanya dimiliki satu oleh gedung tersebut. Keluhan tersebut terdengar dari salah satu Mahasiswi BDP yang beranggapan fasilitas toilet yang ada di Lab B untuk mahasiswa tidak disediakan, mengingat banyaknya mahasiswa yang praktikum. “Mahasiswa sungkan untuk masuk ke toilet karena gabung dengan dosen serta plp  dan hanya 1 jadi harus bergantian dengan yang lain,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Begitu pula Rafi Arista, Mahasiswa Perikanan itu pun menanggapi perihal penting adanya toilet di gedung tersebut. “Toilet itu sangat penting, karena kalau tidak ada toilet kita jadi sulit buang air kecil atau besar, sehingga kita kadang harus tahan karena jarak toiletnya cukup jauh,” ucapnya.

Selaras dengan tanggapan perlunya toilet dan kendala mahasiswa di Gedung Lab B. Rizal Murtaza Alwi, Mahasiswa Semester 3 menyarankan untuk membangun toilet di pojokan sebelah kanan di Lab B. “Disamping kanan itu dibuatin toilet lah khusus untuk mahasiswa, ada sih toiletnya tapi khusus untuk dosen, itu juga di dalam,” ungkapnya.

Rahmadi Aziz, Kepala Pengelolaan Laboratorium Perikanan angkat bicara bahwa sebenarnya telah disediakan toilet di Laboratorium A (Lab A) namun disayangkan mahasiswa sendiri tidak bisa menjaga kebersihan. “Terkadang mahasiswa tidak menjaga kebersihan, disana ada 1 toilet bisa dipakai buat dosen, mahasiswa, plp, cukup 1 toilet di Lab A juga ada 1 khusus mahasiswa, kita juga plp atau dosen kalau ada mahasiswa masuk ke toilet dipersilahkan kok, cuman mahasiswa tidak menjaga kebersihan jadi buat tidak nyaman,”  ucapnya.

Rahmadi Aziz juga berharap saat disediakan fasilitas kampus, mahasiswa juga harus bisa menjaga kebersihan. “Harapannya kalau ada fasilitas kampus mahasiswanya sendiri juga jagalah kebersihan supaya sama-sama nyaman,” tuturnya.

Ia juga menambahkan harapannya agar terdapat peningkatan fasilitas lainnya mulai dari kursi, meja hingga fasilitas lab lainnya. “untuk kedepannya peningkatan penambahan dana praktikum kalau bisa ditingkatkan dan untuk fasilitas seperti fasilitas Lab, toilet harus ditingkatkan karena mahasiswanya banyak fasilitas praktikumnya belum mendukung  dari kursi, meja, sampai ke lantai,” harapnya.

Mahasiswi BDP juga berharap agar fasilitas toilet di Lab B ini segera di bangun. “Harapannya segera ditambahkan lagi toilet untuk di Lab B ini agar kami tidak perlu ke Gedung Q saat membutuhkan toilet dan tidak sungkan juga untuk ke toilet jika di khususkan untuk mahasiswa,” tutupnya.(*)

Penulis: Andri Sofyan, Yunika Maritasari
Penyunting: Juwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 5 =