Lepas Wisuda, Bingung Mau Melakukan Apa?

Ilustrasi Wisudawan Bingung Setelah Wisuda Mau Apa | Perssukma.id/Yosi

Selamat bagi wisudawan dan wisudawati yang telah mendapatkam gelarnya pada hari ini, semoga ilmu dan apa yang telah di dapatkan selama perkuliahan kalian dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan diri kalian.

Bagaimana? Lega dan bersyukur ya pasti, tapi tunggu dulu kira-kira sudah ada bayangan apa kedepannya atau masih mau nikmati masa-masa istirahat sambil menunggu atau malah bingung nih sobat Sukma? Biar enggak bingung aku kasih pilihan buat sobat Sukma yang masih bingung.

Bacaan Lainnya

Langsung cari dan jalankan dunia pekerjaan

Semasa masuk kuliah pasti beberapa dari kalian sudah mempersiapkan prospek ingin bekerja dimana dan pada saat di bangku kuliah pasti ingin cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan. Pilihan ini cocok buat kamu yang ingin sekali merasakan mendapatkan ‘Gaji’ untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Tapi persiapkan pilihan pekerjaan yang ingin kamu jalanin ya! Seperti Perusahaan, bidang karir apa, budaya kerja seperti apa dan skill apa yang kamu miliki untuk mengemban pekerjaan tersebut. Sehingga kamu bekerja di posisi yang tepat dan tak membuang kesempatanmu.

Daftar jadi volunteer atau ikut kegiatan sosial

Ini merupakan kegiatan positif yang dapat sobat Sukma lakukan setelah mempunyai waktu selepas wisuda, apalagi bagi kalian yang senang membantu dan mengikuti kegiatan sosial ini merupakan pilihan yang tepat katena dapat mempertemukan kalian dengan orang baru dan membangun relasi. Tak hanya itu kegiatan ini dapat meningkatkan skill dan rasa percaya diri yang dapat membantu saat kamu bekerja nanti.

Menjadi wirausahawan

Ini opsi untuk kalian selepas lulus dengan merintis usaha kecil-kecil dengan keluarga atau teman. Namun kalian perlu mempersiapkan dengan matang rencana bisnis dan kesiapan yang memumpuni karena akan ada fase naik turun yang pasti akan dihadapi. Dengan berbisnis kalian akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran sebelum kalian mengejar pekerjaan impian.

Menjadi influencer

Di era digital saat ini kalian bisa mengambil celah dan kesempatan untuk berkembang di dunia sosial media dengan memberikan sesuatu yang menarik dan berbeda dari yang lain menjadi peluang karir baru yang dapat kalian coba.

Lanjut kejar gelar magister

Bagi kamu yang ingin terus mengulik ilmu, bisa banget lanjut ke S2 yang pasti menjadi investasi kalian di masa depan untuk membangun karir dan pengalaman. Dengan gelar magister membuat peluang jabatan pekerjaan yang bisa di ambil dapat lebih tinggi.

Jadi mulai persiapakan diri kalian dan mulai pertimbangkan karena pilihan kembai ke personal masing-masing. Dan jangan pernah sesali keputusan yang kamu ambil!!

Penulis: Jevi Adriansyah
Penyunting: Juwita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1