Kontribusi sosial cinta lingkungan, KSE Polinela Lakukan GPS

Para Anggota KSE Sedang Memunguti Sampah Dalam Kegiatan Gerakan Pungut Sampah Nasional di Pantai Ancol Gen Teluk Betung, Minggu, 19 Februari 2023 | Perssukma.id/DOK. KSE Polinela

Paguyuban penerima beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) melaksanakan kegiatan Gerakan Pungut Sampah Nasional (GPSN) dalam memperingati Hari Peduli Sampah. Kegiatan ini  dilaksanakan serentak pada 19 Februari 2023 di 35 titik wilayah Indonesia. Gerakan Pungut sampah (GPS) merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh penerima beasiswa KSE di setiap kampus. Namun pada kali ini, kegiatan GPS dilakukan serentak oleh paguyuban penerima beasiswa KSE di seluruh Indonesia untuk memperingati Hari Peduli Sampah.

GPS oleh KSE Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dilakukan dengan menyusuri pantai Ancol Gen yang berlokasi di teluk Betung. Tak hanya diikuti oleh penerima beasiswa KSE, ini juga diikuti oleh komunitas Xabre Owners Lampung dan juga Mahasiswa  Polinela, dan untuk penerima beasiswa KSE yang sedang PKN dan PKL melaksanakan kegiatan GPS di lokasi masing-masing atau melakukan kegiatan mandiri bersama teman teman dan masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Tujuan diadakannya GPS  untuk memberikan suatu pandangan baik masyarakat terhadap aktivitas yang dilaksanakan penerima beasiswa KSE dan agar para pemimpin dimasa depan menjadi suri teladan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Dwi Nita Yusmalida Ketua Pelaksana (Ketuplak) GPS berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar. “Manfaatnya yang saya dapatkan pasti saya menjadi punya kesadaran akan kebersihan dan buang sampah pada tempatnya semakin tinggi yang menjadikan lingkungan sekitar kita menjadi bersih,” ujarnya.

Kendala pada acara ini kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengikuti kegiatan ini. “Kendalanya nggak ada alhamdulilah pada saat pelaksanaan lancar, hanya saja mungkin dari SDM saja karena jika semakin banyak SDM semakin maksimal hasilnya,” ujarnya.

Ahmad Maulana Abdurrahim, salah satu peserta dari komunitas Xabre Owners, sangt mengapresiasi adanyan kegiatan ini. “Kegiatan yang diadakan oleh KSE Polinela ini sangat bagus,” ujarnya

Ahmad juga berharap diadakannya kegiatan ini bisa lebih menyadarkan masyarakat akan pentingnya untuk menjaga lingkungan. “Kegiatan yang diadakan oleh KSE Polinela ini sangat bagus karena dapat menyadarkan masyarakat untuk lebih  menjaga lingkungan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan,” tutupnya.(*)

Penulis: Sofyan Nur Zailani, Dinda Kurnia Putri
Penyunting: Galih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 1 = 2