Kembangkan Sektor Pertanian Melalui Studium Generale E-KPB

Studium Generale untuk mahasiswa penerima E-KPB, Sabtu, 2 Maret 2024 | perssukma.id/Ningrum

E-KPB (Kartu Petani Berjaya berbasis Elektronik) merupakan salah satu bantuan yang diberikan khusus kepada para anak petani. Sabtu, 2 Maret 2024, E-KPB Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan studium generale di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela dengan mengusung tema “Tantangan Generasi Muda Menjadi Petani Milenial”  yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran generasi muda dalam mengembangkan sektor pertanian di era digital.

Acara ini adalah acara pertama E-KPB Polinela yang berbentuk studium generale dan diisi oleh pemateri yang merupakan salah satu alumni penerima beasiswa tersebut yaitu Wiyudantara S.S.T.,Gr  alumni penerima E-KPB tahun 2011, yang saat itu bernama beasiswa Pemerintah Daerah (Pemda) dan  bekerjasama dengan Dinas Pertanian.

Wiyudantara, pengisi materi mengatakan bahwa alasan mengambil tema dalam kegiatan ini dikarenakan ingin mengubah mindset para pemuda dibidang pertanian. “Karena di Lampung ini mungkin pertanian dianggap sebelah mata, tetapi hari ini kita ubah mindset para pemuda agar dapat menggerakan bidang pertanian yang lebih modern, menarik, dan petani yang bisa menghasilkan,” ucapnya.

Diva Isabella, salah satu peserta mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan tentang petani milenial. “Manfaat yang didapat mengikuti studium generale ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang petani milenial, serta dapat menambah pengetahuan sukses di usia muda,” ujarnya.

Terdapat beberapa kendala dalam acara ini salah satunya ialah kehadiran peserta yang sedikit dikarenakan kondisi kampus yang masih libur, sehingga kebanyakan mahasiswa masih berada di kampung halaman. Untuk peserta yang tidak mengikuti acara ini, akan diberikan konsekuensi berupa sanksi langsung oleh pembina dari E-KPB Polinela.

Wiyudantara berharap agar semua mahasiswa dapat tetap menjaga nama baik Polinela. “Harapan saya semoga mahasiswa tetap semangat dan optimis, walaupun berasal dari daerah terpencil tetapi tetap memiliki peran dan kesempatan yang sama untuk bisa bersaing. Saya juga berharap agar mahasiswa setelah lulus kuliah, mereka dapat mengembangkan potensi setiap daerah serta bisa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang mereka dapat dan selalu menjaga nama baik Polinela,” harapnya.

Khairul Fauzan, Ketua Umum E-KPB berharap agar kesadaran mahasiswa dalam berorganisasi lebih baik lagi. “Harapan saya kesadaran mahasiswa dalam berorganisasi dapat lebih baik lagi serta kita sebagai mahasiswa dapat ikut berperan dalam kemajuan masyarakat sekitar khususnya dalam bidang pertanian,” tutupnya.

Penulis : Kalina Tantri, Ningrum

Penyunting : Novia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 × = 54