HMJ Tektan Gelar Studium Generale & Workshop, Lanjutan Studium Season Pertama

Acara Studium Generale & Workshop, di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela, Sabtu, 10 September 2022 | Perssukma.id/Arif Prayoga

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknologi Petanian (Tektan) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar Studium Generale & Workshop, Sabtu, 10 September 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) Polinela. Hal ini merupakan kegiatan lanjutan dari Studium Generale season pertama.

Acara ini mengusung tema “Pengaplikasikan Drone pada Bidang Pemetaan untuk Pemantauan Lahan Guna Meningkatkan Modernisasi Teknologi dan Rekayasa” guna sebagai lanjutan dari tema studium sebelumnya. Dimana telah dilakukan pengenalan terlebih dahulu terhadap drone.

Bacaan Lainnya

Gubernur HMJ Tektan, Muhammad Rizky menjelaskan, bahwa tema yang diangkat mengikuti zaman yang semakin canggih seperti teknologi dan berinisiatif agar pemantauan lahan dan lingkungan dapat menggunakan drone.

Studium Generale ini dihadiri oleh Yudha Febrian sebagai pemateri. Materi tersebut dilakukan dalam dua. Sesi yang pertama, membahas mengenai pemahaman tentang basic penggunaan drone, dan sesi kedua cara pengaplikasian drone di lapangan, basic pemetaan, dan pengolah data hingga cara mengatasinya.

Ilham Mahesa selaku Ketua Pelaksana (Ketuplak) mengatakan, bahwa acara ini merupakan suatu program kerja (program) Ketua Jurusan (Kajur). “Iya, acara ini atas arahan dari Ketua Jurusan. Dimana, Kajur meminta HMJ Tektan untuk mengambil alih dan mengonsep kegiatannya,” ujar Ilham.

Menanggapi acara ini, Yudha Febrian mengapresiasi antusias para peserta. “Banyak antusias dari peserta untuk memahami tentang drone, dimana hasil output ini akan berguna nantinya untuk pembelajaran maupun di dunia kerja,” ujar Yudha.

Yudha Febrian berharap agar ke depannya kegiatan ini dapat berlanjut. “Harapannya bisa melanjutkan yang sudah ada, seperti tadi peserta sudah bisa buat peta dan selanjutnya dari peta bisa diteruskan ke analisisnya,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diwajibkan bagi Mahasiswa Program Studi (Prodi) Mekanisasi Pertanian, Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan, serta Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan .

Nila Amanda, Mahasiswi Prodi Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan mengatakan, bahwa studium ini sangat bermanfaat. “Studium ini sangat bermanfaat, seperti tentang cara pengaplikasikan drone, apa saja dampaknya serta hal-hal yang harus dihindari. Dimana, tadinya tidak mengetahui menjadi lebih memahami,” tuturnya.(*)

Penulis: M. Khadafi, Prasastia Romanda

Penyunting: Shindy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 4