HIMAPA COMPETITION Ajang Kebersamaan Mahasiswa Jurusan BTP

Sambutan Dari Guber HIMAPA di GSG, Kamis, 28 September 2023 | Perssukma.id/Sofyan

Himpunan Mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Pangan (HIMAPA) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar HIMAPA Competition yang telah di mulai pada 28 September dan akan terus berlangsung hingga 01 Oktober 2023. Serangkaian acara ini mengusung tema “Ciptakan Kreatifitas Tingkatkan Solidaritas Untuk Membangun Sportivitas”.

HIMAPA Competition adalah kegiatan rutin tahunan yang merupakan ajang bergengsi untuk memamerkan bakat dan kemampuan, guna meningkatkan kebersamaan Mahasiswa Jurusan Budidaya Tanaman Pangan (BTP). Beberapa cabang perlombaan yang diadakan meliputi futsal, badminton, dan berbagai pertandingan lainnya, kompetisi ini tidak terbuka secara umum melainkan hanya dilaksanakan oleh lingkup Mahasiswa Jurusan BTP saja.

Gresorius Nelson Mandel, Ketua Pelaksana (Ketuplak) HIMAPA Competition menjelaskan manfaat dari kegiatan ini adalah menciptakan suatu kebersamaan di Jurusan BTP. “Untuk meningkatkan solidaritas dan menumbuhkan Mahasiswa BTP agar ke depannya lebih lanjut dan menyukseskan asesmen,” ucapnya.

Tak hanya perlombaan antar mahasiswa BTP terdapat juga kegiatan grafting yang diperuntukan untuk siswa/i tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Provinsi Lampung.

Hazuan, Gubernur HIMAPA merasa siswa yang mendaftar pada lomba grafting belum banyak peserta. “Kita ada membuka grafting dalam tingkat SMA dan SMK tapi siswanya belum banyak yang minat karena masih launching, mungkin tahun depan dimaksimalkan lagi,” katanya.

Gresorius mengungkapkan bahwa terdapat banyak kendala dalam menyiapkan acara ini. “Kendalanya ada banyak, yang pertama adalah dana dari Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) sendiri, yang kedua persiapan yang panjang yang segala macamnya itu banyak tabrakan dalam pemakaian gedungnya,” tuturnya.

Hazuan serta berharap lomba yang di gelar bukan hanya sportnya saja, melainkan perihal pertanian. “Untuk harapannya semoga HIMAPA Competition ini berkembang, bukan hanya perlombaan olahraga saja, tapi perlombaan tentang pertaniannya karena HIMAPA ini termasuk jurusan yang mengarah ke pertanian,” harapnya.

Salah satu peserta Yogi Prasetyo, dari Program Studi (Prodi) Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura (TPTH) juga berharap bahwa pengambilan tema dalam acara ini adalah tentang pertanian, agar mahasiswa yang memiliki kemampuan yang lebih dalam hal pertanian tersebut dapat mengembangkan kemampuannya. “Saya cukup mendukung dengan program HIMAPA Competition ini, mengadakan perlombaan dengan mengambil temanya pertanian, jadi kita yang punya bakat di pertanian lebih terbuka lagi atau tergerak untuk meningkatkan bakat dan mengalokasikan ke diri kita masing-masing,” tutupnya. (*)

Penulis: Sofyan ZailaniTiara, Octavia Pardede

Penyunting: Asti Ananta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3