Hibur dan Edukasi Masyarakat Lampung Melalui PRL 2023

Pekan Raya Lampung kembali dibuka di PKOR, Jumat, 6 Oktober 2023 | Perssukma.id/Wahyu Attur Muzi

Pekan Raya Lampung (PRL) 2023 merupakan acara pameran terbesar di Lampung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Event Organizer (EO) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Lampung. Kegiatan yang bertujuan untuk hiburan dan edukasi masyarakat ini bertemakan “Digitalisasi Ekonomi Lampung Berjaya” yang bertempat di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung. Kegiatan ini dibuka Jumat, 06 Oktober 2023 dan berlangsung sampai 21 Oktober 2023.

Terdapat beberapa kluster peserta seperti kluster perbankan, pertanian, pendidikan, serta Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM). Kluster UMKM salah satu kegiatannya yaitu matching business dengan tujuan mendorong para UMKM bisa mencapai penggunaan e-katalog, merupakan sistem yang dibuat oleh pemerintah agar pengadaan barang dan jasa bisa merambah ke UMKM.

Bacaan Lainnya

Mico Veryando, Head Office PRL menjelaskan e-katalog dibuat pemerintah untuk UMKM bisa lebih baik. “e-katalog itu sistem yang dibuat pemerintah supaya pengadaan barang dan jasa pemerintah itu bisa merambah ke UMKM, agar UMKM bisa lebih baik. Karena selama ini banyak perusahaan menengah besar yang terlibat di e-katalog itu. Diproses transaksi juga kita banyak menggunakan digital seperti penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),” ujarnya.

Duki Wahyudin, salah satu pengunjung memberikan tanggapan bahwa ia merasa senang dengan adanya acara ini dan banyak makanan yang bervariasi. “Senang sih, buat menyenangkan keluarga kan banyak yang bisa dilihat-lihat juga dan banyak makanan yang bervariasi walaupun ada beberapa makanan yang sama tetapi tata letaknya bagus,” katanya.

Purnomo Sidi, salah satu peserta UMKM berharap bahwa panitia lebih menyadari terhadap masukan para peserta UMKM dan event seperti ini akan selalu diadakan agar UMKM dapat maju. “Panitia mungkin lebih aware terhadap apa yang jadi masukan dari kami UMKM, misalnya tata letak penempatan posisi, akses kami diberi masuk dalam mengirim barang, kapan kita bisa masuk kemudian persiapan lainnya bisa lebih dibantu untuk fasilitasnya dan event seperti ini akan digelar terus, agar para UMKM tetap bisa maju,” harapnya.

Mico berharap antusias masyarakat bagus dan terpenting jika ingin mengunjungi PRL tidak melakukan hal yang berbahaya. “Mudah-mudahan cuacanya bagus serta antusias masyarakat bagus dan yang penting masyarakat jika ingin datang harus beli tiket jangan memanjat tembok atau segala macam, karna itu berbahaya dengan harga tiket yang murah, saya rasa terlalu beresiko jika mau menerobos seperti itu,” tutupnya. (*)

Penulis : Dinda Kurnia Putri, Azizul Latif

Penyunting : Nabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 ÷ = 44