Hari Donor Darah Sedunia Bersama FKMPI dan KSE

kegiatan donor darah di Gedung Serba Guna (GSG) Politeknik Negeri Lampung), Kamis, 9 Juni 2022 | Perssukma.id/Hanysa Firdiandita

Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia (FKMPI) daerah Lampung menggelar kegiatan donor darah di Gedung Serba Guna (GSG) Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Kamis, 9 Juni 2022. Dalam kegiatan ini, FKMPI berkolaborasi dengan Karya Salemba Empat (KSE) dengan mengusung tema “Mari Donor Darah, Selamatkan Kehidupan dan Jadikan Bermanfaat”.

Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB, dan kegiatan ini dibuka untuk umum dengan syarat pendonor, yaitu:

Bacaan Lainnya

1. Sehat jasmani dan rohani

2. Berat badan di atas 45 kg

3. Usia di atas 17 tahun

4. Tidak sedang haid, hamil, dan menyusui

5. Tidak dianjurkan bagi yang baru vaksin.

Tujuan diadakannya kegiatan donor darah tersebut, yaitu untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Kegiatan ini merupakan program kerja (progja) FKMPI pada bidang Sosial Masyarakat, dan juga progja Community Development (Comdev) bidang Pengabdian Masyarakat tiap tahunnya. Adapun target dalam kegiatan donor darah ini, yaitu sebanyak 70 orang pendonor.

Hanifa Safitri, Mahasiswi Program Studi (Prodi) D4 Akuntansi Perpajakan yang menjadi salah satu peserta pendonor darah memberikan tanggapannya terkait kegiatan yang dilaksanakan FKMPI dan juga KSE ini. “Menurut saya, acara ini sangat bagus karena memberikan dampak baik bagi kesehatan, dan juga membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengumpulkan darah-darah untuk orang yang membutuhkan tambahan darah, dan tentunya sangat senang sekali ya, alhamdulillah banyak sekali orang yang ingin mendonorkan darahnya,” ujar Hanifah.

Salah satu anggota aktif FKMPI, Ayuning Wulandari juga mengatakan, bahwa rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di dua tempat dan ia berharap kegiatan donor darah ini bermanfaat bagi masyarakat. “Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Tanjungkarang dan Metro, mengingat di Metro juga ada Politeknik Kesehatan (Poltekkes), tetapi untuk sekarang kami baru melakukan donor darah di Tanjungkarang, dan harapan kami dalam kegiatan ini semoga ini bisa dilaksanakan di Poltekkes Metro, dan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ayuning.(*)

Penulis: Annisa Yogi Febyanti, Asya Desta
Penyunting: Novri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

50 ÷ 10 =