Hal menarik apa sih yang dimiliki Provinsi Lampung?

Bundaran Gajah Tugu Adipura, Sabtu, 18 Maret 2023| Perssukma.id/DOC.Bandarlampungkota.go.id

Dalam rangka Memperingati Hari Jadi Provinsi Lampung, yuk simak Hal menarik apa sih yang dimiliki Provinsi Lampung!Lampung sendiri mempunyai banyak ragam julukan serta penghasil kopi terbesar di Indonesia, tak hanya itu destinasi wisatanya juga tak kalah menarik terkhusus Pantainya karena Lampung sendiri berada di ujung selatan pulau Sumatera sehingga sebagian besar wilayahnya di kelilingi oleh perairan.Berikut fakta menarik Provinsi Lampung.

1.Little Indonesia

Bacaan Lainnya

Disebut Little Indonesia karena provinsi yang berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini memiliki berbagai suku dari Indonesia dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan penduduk asli Lampung.

2. Gerbang Utama Pulau Sumatera

Keberadaan pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan membuat provinsi ini disebut sebagai titik gerbang pulau Sumatera, melalui pelabuhan ini dua kepulauan yaitu Jawa dan Sumatera.

3. Penghasilan Kopi Robusta

Lampung merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia. Selain pisang, kopi adalah salah satu komoditas utama masyarakat Lampung. Berbagai jenis kopi dihasilkan di daerah ini, dan cukup dikenal hingga mendunia. Salah satu jenis kopi jenis robusta.

4. Ibu Kota Provinsi Berjuluk Tapis Berseri

Kain tapis menjadi julukan ibu kota provinsi Bandar Lampung yaitu, Kota Tapis Berseri yang berarti tertib, aman, patuh, iman, sejahtera, bersih, sehat, rapih, dan indah. Slogan tersebut merupakan realisasi kota ini sehingga mendapatkan juara sebagai kota terbersih 1995 dan penghargaan Adipura Kencana di 2009.

5. Pantai Mendunia

Dijuluki Pantai Mendunia karena pantai-pantai di Lampung tak kalah indah dengan pantai ada di Bali. Salahsatunya Kabupaten Pesisir Barat juga tercatat sebagai penyelenggara rutin ajang perlombaan selancar dunia.

Penulis : Taufik Ismail

Penyunting: Shindy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

76 + = 82