Guna Memaksimalkan Ibadah Ramadhan, Al-Banna Gelar Casan

Suasana kegiatan Casan (Charger Semangat dan Iman) di gedung sakura, Sabtu 2 April 2022 | Dok. perssukma.id/Sofyan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Banna Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar Casan (Charger Semangat dan Iman) dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Sabtu, 2 April 2022. Acara ini berlangsung di Gedung Sakura Polinela, pukul 08.00-12.00 WIB dan dihadiri oleh delegasi dari Lembaga Dakwah Kampus (LDK) setiap kampus di Lampung, delegasi UKM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Polinela, dan seluruh Kader Al-Banna.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan saat menyambut Bulan Suci Ramadhan. Tema kegiatan untuk tahun ini, yaitu“Memaksimalkan Ramadhan Agar Tak Sia-Sia” dengan pemateri Furqon Hakim, Founder dan Penasehat Komunitas Pejuang Hijrah Lampung. Beberapa materi yang disampaikan, yaitu tentang kiat-kiat ramadhan, dan bagaimana cara agar ramadhan pada tahun ini dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Bacaan Lainnya

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, dan dapat mengarungi ramadhan dengan penuh amal sholeh yang maksimal, serta agar tidak menyia-nyiakan kemuliaan yang ada pada Bulan Suci Ramadhan. Pada kegiatan ini, peserta diberikan Al-Mat’tsurat secara gratis dan dibaca secara bersama-sama.

Menurut salah satu Kader Al-Banna,Harma Dinina Desty, manfaat dari kegiatan ini, yaitumenambah relasi dan menambah pemahaman agama. “Menurut saya, kegiatan ini memberikan manfaat untuk menambah relasi dari LDK kampus lain, contohnya UKM Bapinda Universitas Islam Negeri (UIN) Lampung, dan tentunya menambah pemahaman agama menuju Bulan Ramadhan,” ujarnya.

Pada acara ini, pemateri menyarankan agar kegiatan ini lebih sering dilaksanakan, dan ia berharap kedepannya peserta dalam acara ini lebih banyak. “Menurut saya sih bisa lebih diseringkan, karena saya juga pernah menjadi mahasiswa, dan kegiatan seperti ini menjadi ladang, dimana mahasiswa itu penting untuk lebih mendalami apa itu Islam. Lebih banyak wawasan yang akan dia dapatkan, sehingga kegiatan seperti ini betul-betul apresiasi harus disaring dan digalakkan untuk didukung. Dan harapan saya, acara seperti ini kedepannya harus lebih banyak lagi pesertanya,” tutur Furqon Hakim Senada, Al-Barra Fuad Rinaldo selaku Ketua Pelaksana (Ketuplak) Casan berharap, agar peserta dapat memaksimalkan ibadah pada Bulan Suci Ramadhan. “Dalam rangka menyambut ramadhan, acara itu harapannya untuk para peserta yang ikut ini itu agar bisa memaksimalkan Bulan Ramadhan mereka, seperti tema ‘Memaksimalkan Ramadhan Agar Tidak Sia-Sia.’’Harapannya itu, agar para peserta bisa bangkit, semangat, ya bisa lebih mengingat betapa pentingnya ramadhan ini, dan juga mereka bisa memanajemen waktu mereka di Bulan Ramadhan,” ucap Barra. (*)

Penulis : Risya Syafitrah, Sofyan Nur Zailani
Penyunting : Novri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 ÷ = 5