Festival Minimarket Pointer, Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Susasana Festival Minimarket di Pelataran Gedung Sakura, Senin 11 Desember 2023 | Perssukma.id/Nadia

Senin, 11 Desember 2023, telah berlangsung Festival Minimarket Pointer sejak pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Kegiatan ini diadakan di Halaman Gedung Sakura (S) Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Informatika (MI).  Acara ini merupakan ajang bagi Mahasiswa MI untuk membangun jiwa kewirausahaan.

Agenda ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dari mahasiswa, diramaikan dengan stand – stand  wirausaha hasil inovasi mahasiswa semester 5 Prodi MI. Jajaran stand mulai dari makanan, minuman kekinian, aksesoris, photobooth, hingga jasa desain diperjualbelikan di Festival Minimarket Pointer 2023, serta dipromosikan melalui sosial media Instagram untuk mengguatkan digitalisasi. Rima Maulini, Dosen Prodi MI mengatakan acara ini merupakan pengimplementasian dari mata kuliah salah satunya kewiraushaan. “Acara ini  sebagai pengimplementasian dari mata kuliah pengantar kewirausahaan pada semester 2 dan  e-business pada semester 5, jadi para mahasiswa sudah mendapatkan ilmu sehingga pada akhirnya diadakanlah Festival Minimarket Pointer 2023 ini,” ucapnya.

Febriansyah Agung Tirta, salah satu peserta mengapresiasi baik acara ini, karena banyak hal positif yang didapat. ”Kita mempunyai gambaran untuk berwirausaha, karena berkuliah tidak hanya berorientasi untuk bekerja tetapi harus juga berorientasi pada tujuan dan rancangan sehingga bisa membuat usaha sendiri,” tuturnya.

Dalam persiapan dan pelaksanaan acara ini terdapat beberapa kendala, seperti persiapan yang terburu-buru dan ada beberapa pihak yang mengharapkan agar kegiatan dilaksanakan  secara maksimal. Walau hanya berlangsung selama satu hari, acara ini cukup menarik antusias para sivitas akademika Polinela.

Pengunjung Festival Minimarket Pointer 2023, Yuliana Maya Sari, Mahasiswa Akuntansi Bisnis Digital (AKBD), mengatakan bahwa acara ini cukup seru karena banyak dari prodi lain yang datang. “Disini terdapat banyak pilihan jajanan dengan harga yang terjangkau untuk para mahasiswa,” tuturnya.

Ia juga berharap, agar acara ini dapat dilaksanakan lebih maksimal dan ramai lagi. “Harapannya acara ini dapat berlangsung kembali dengan tempat yang lebih strategis, lebih luas dan di promosikan hingga luar Polinela,” harapnya. Dosen  (MI) berharap mahasiswa khususnya Polinela mempunyai jiwa wirausaha. “Mahasiswa khususnya Polinela mempunyai jiwa wirausaha agar saat mereka lulus, mereka tidak bergantung pada perusahaan tapi bisa membuka peluang kerja dengan berwirausaha sesuai dengan kompetensi mereka masing – masing,”  tutupnya.(*)

Penulis: Nadia, Ferdi Riyanto

Penyunting: Nabila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =