Fakta-fakta Menarik Seputar Piala Dunia 2022

Poster Piala Dunia Qatar 2022 | Perssukma.id/Foto : Omar Momani

Setelah melewati masa-masa kelam pada awal tahun 2020, di mana hampir seluruh dunia tidak bisa melakukan banyak aktivitas di luar rumah, kini semuanya sudah mulai kembali normal. Seperti, sudah banyak yang bisa dilakukan di luar rumah, mengadakan acara-acara atau event, bahkan pertandingan sepak bola dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali akhirnya bisa digelar di Qatar. Namun, Qatar sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan bola dunia ini memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, banyak sekali yang harus dihadapi oleh tuan rumah, seperti iklim yang panas, budaya, hingga persiapannya.

Oleh karena itu, Sukma bakal kasih tahu kalian tentang fakta-fakta menarik piala dunia 2022 di Qatar, yang dilansir dari detik.com berikut ini;

1.  Piala Dunia Paling Mahal

Fakta pertama adalah Piala Dunia 2022 ini merupakan Piala Dunia paling mahal. Qatar menggelontorkan dana investasi besar-besaran untuk menyelenggarakan Piala Dunia kali ini. Menurut perkiraan kasar, Qatar sudah mengeluarkan sekitar 200 miliar USD untuk berbagai keperluan infrastruktur.

2. Pertama Kali Diselenggarakan Pada Musim Dingin

Fakta kedua, Piala Dunia 2022 jadi edisi pertama yang diselenggarakan di musim dingin. Biasanya kompetisi dimainkan di musim panas, tapi ada pengecualian untuk Qatar tahun ini. Temperatur Timur Tengah memang jadi tantangan tersendiri. Di musim panas, suhu udara bisa mencapai 46-50 derajat celsius, tidak ideal untuk olahraga. Jadi, FIFA memutuskan menggeser jadwal ke musim dingin dengan harapan suhu udara lebih bersahabat.

3. Jumlah Stadion Yang Sedikit

Tercatat, hanya ada 8 stadion yang akan digunakan untuk menggelar semua pertandingan di Piala Dunia kali ini. Bahkan, dari delapan stadion tersebut, tujuh di antaranya adalah stadion yang dibangun baru dari nol. Hanya satu stadion lama yang dianggap layak digunakan, itu pun harus direnovasi.

4. Stadion dengan AC

Selanjutnya demi mengantisipasi iklim panas, Qatar juga membangun stadion khusus dengan tambahan pendingin udara. Untuk pertama kalinya dibangun stadion dengan pendingin udara penuh. Kedelapan stadion yang digunakan memiliki mesin pendingin udara tersebut. Jadi, harapannya fans dan pemain merasa lebih nyaman di dalam stadion.

5. Negara Timur Tengah Pertama Yang Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

Fakta lainnya Qatar adalah negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Mereka sekaligus jadi negara kedua di Benua Asia yang mendapatkan kehormatan tersebut. Piala Dunia pertama kali mendatangi Asia pada tahun 2002 lalu, dengan Korea-Jepang sebagai tuan rumah bersama.

6. Larangan minum alkohol

Lalu berbeda dengan gelaran Piala Dunia sebelumnya, kali ini FIFA dan otoritas Qatar telah melarang alkohol di semua stadion Piala Dunia Qatar. Suporter hanya boleh mengkonsumsi alkohol di zona yang disediakan yaitu FIFA Fan Festival di Taman Al Bidda.

7. Larangan memakai pakaian seksi

Bacaan Lainnya

Fakta terakhir para suporter dilarang memakai baju seksi seperti rok mini dan atasan berpotongan rendah selama berada di Qatar. Aturan ini juga berlaku untuk para kekasih dan istri pemain timnas semua negara yang berada di Qatar.

8.  ‘Last Dance’  bagi Messi dan Ronaldo

Pertandingan bola dunia di Qatar, bisa menjadi ajang ‘last dance’ atau laga terakhir dua mega bintang yang belum pernah memenangkan piala dunia sebelumnya, yaitu Messi dan Ronaldo. Sebagaimana kamu tahu, Messi dan Ronaldo sudah memenangkan hampir semua piala. Oleh karena itu, tahun ini menjadi ajang yang sangat kompetitif bagi mereka berdua. Selain itu, ada beberapa pemain bintang lainnya yang menjadikan piala dunia tahun ini sebagai ajang internasional terakhir mereka. Di antaranya ada Lewandoski, Modric, Suarez, Cavani, Manuel Neuer, hingga Sergio Ramos. (*)

Penulis : Triyono
Penyunting : Aura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 3 = 3