DIESPASCIO IV, Perlombaan Pramuka se-Provinsi Lampung

Penampilan Baris Berbaris dari Salah satu Peserta Perlombaan di Lapangan GKB, Sabtu 24 Juni 2023 | Perssukma.id/Andri

Sabtu, 24 Juni 2023 Pramuka Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali mengadakan Dies Natalis Polinela Scout Competition (DIESPASCIO) IV dengan tema “Meningkatkan Generasi Muda Untuk Berkarya” dengan tujuan untuk mempromosikan Polinela kepada adik-adik tingkat se-Provinsi Lampung.

Acara ini dibuka oleh Sarono, selaku Direktur Polinela pukul 08.00 WIB di Gedung Kuliah Bersama (GKB) dimana kegiatan ini diikuti sebanyak lebih dari 300 peserta dari kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) sederajat tingkat Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

Terdapat 6 cabang perlombaan meliputi Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) variasi, joget komando, tari kreasi lampung, smart scout competition, teknologi tepat guna, miniatur pionering, dan desain maskot perlombaan yang dilakukan serentak selama satu hari. Terdapat tiga titik lokasi yang digunakan yaitu halaman GKB, halaman Gedung Rafflesia Pelayanan Pusat Akademik (PPA), halaman Gedung Cempaka Bawah (CB) dan di Gedung Seroja.

Denny Saputra, Ketua Pelaksana (Ketuplak) acara menjelaskan lebih rinci terkait jumlah kelompok peserta kegiatan. “LKBB variasi ada 11 pangkalan, joget komando ada 9 pangkalan, smart competition 24 peserta, tari kreasi Lampung 6 grup, tekonologi tepat guna 5 grup, dan miniatur pionering 8 grup,” jelasnya.

DIESPASCIO IV menghadirkan dewan juri yang berasal dari Dewan Kerja Daerah (DKD), Dewan Kerja Cabang (DKC), Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan Wakil Gubernur Lampung yang berhalangan hadir yang diwakilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Rian, Pembina Pramuka SMK Nusantara 1 Kotabumi menanggapi baik terkait pembukaan acara. “Tadi selama kegiatan awal upacara pembukaan sudah dibilang sukses dan keren untuk Polinela,” ucapnya.

Diki Purwanto, salah satu peserta menyatakan bahwa acara tersebut merupakan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. ”Acara DIESPACIO ini sangat seru, dapat menambah pengalaman dan ilmu baru, serta memperluas pertemanan,” tanggapnya.

Denny berharap agar kegiatan dapat berlangsung sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. “Harapannya dari saya yaitu semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan harapan bersama,” katanya.

Rian berharap agar Pramuka Polinela dapat mengalami perkembangan yang lebih baik di masa yang akan datang. “Harapan saya semoga bisa lebih sukses lagi dan makin jaya terus untuk Pramuka Politeknik Negeri Lampung,”  tutupnya. (*)

Penulis: Freeza Dhea Ayu, Alfito Ramanda Bakti
Penyunting: Dyanita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

80 ÷ = 8