D3 Produksi Ternak Adakan KBSM Guna Pencegahan Penyakit Hewan Ternak

caption : Kepala desa sedang memberikan Sambutan Kepada Masyarakat dan Mahasiswa di Balai Desa Braja Harjosari Sabtu, 29 Juli 2023 | Perssukma.id/Galih Alfa

Sabtu, 29 Juli 2023, Program Studi (Prodi) D3 Produksi Ternak mengadakan Kemah Bakti Sosial Mahasiswa (KBSM) di Braja Harjosari, Lampung Timur. Kegiatan ini mengusung tema “Mengenal serta Pencegahan Awal Penyakit Antraks dan I.SD pada Hewan Ternak” dimana kegiatan ini mendiskusikan dengan masyarakat desa tentang sanitasi kandang, vaksinasi dan pemberian obat cacing kepada hewan ternak serta pembuatan silase.

Nova Risky, Ketua Pelaksana (Ketuplak) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meresprentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian yang diterapkan di desa serta kegiatan ini merupakan acara konservatif. “Tujuan KBSM untuk meresprentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian. Lalu kegiatannya seperti seminar ke warga di balai desa dan  melaksanakan sanitasi kandang, vaksinasi, pemberian obat cacing ke ternak dan pembuatan silase, Ini acara konservatif,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ghofar husnu, Dosen Prodi D3 Produksi Ternak mengatakan kegiatan ini di wajibkan untuk Mahasiswa Semester 2 dan 4, serta menggunakan dana pribadi. “Ya, untuk semester 2 dan 4 pakai dana sendiri,” ucapnya.

Elmon Andreas, Mahasiswa Prodi D3 Produksi Ternak memberikan tanggapan mengenai acara KBSM bahwa kegiatan ini melatih mahasiswa mampu berkomunikasi dalam kehidupan masyarakat. “Kegiatan KBSM ini sangat positif yang bertujuan untuk menanamkan jiwa sosial mahasiswa secara nyata, melatih mahasiswa peduli dan mampu berkomunikasi dalam kehidupan masyarakat secara langsung,” katanya.

Ghofar juga memberi tanggapan kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan softskill mahasiswa dan berharap dapat menambah kekompakan serta saling meningkatkan kepedulian antar mahasiswa. “Sangat baik untuk meningkatkan softskill mahasiswa dan juga memberikan pengalaman baru, kegiatan Ini diharapkan bisa menambah kekompakkan, saling meningkatkan kepedulian antar mahasiswa dan ke depan memperkaya pengalaman nyata langsung berinteraksi dengan masyarakat,” tambahnya.

Nova juga berharap acara dapat berlangsung setiap tahun dan mahasiswa dapat bersosialisasi, sharing ilmu dengan masyarakat yang belum didapat di kampus. “Harapannya acara KBSM ini dapat berlangsung setiap tahunnya, dengan titik capai mahasiswa dapat bersosialasi dengan masyarakat setempat, sehingga bisa sharing ilmu dengan masyarakat yang belum kita dapat di kampus,” harap Nova.

Elmon juga berharap kegiatan ini bisa membangkitkan jiwa kesadaran mahasiswa untuk menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan tinggi. “Harapan saya dari kegiatan ini dapat memantik jiwa kesadaran mahasiswa akan menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat,” tutupnya.  (*)

Penulis : Puput Sugandari, Yulia Citra Febriyanti
Penyunting : Asti Ananta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 5 =