Buka Jam Tertentu, Gerbang Belakang Polinela Bisa Dilalui

Gerbang belakang POLINELA dibuka oleh Satpam, Kamis, 23 Maret 2023 | Salman/Perssukma.id

Gerbang yang terletak di area belakang Politeknik Negeri Lampung (Polinela) merupakan akses menuju jalan Jl. Sebiay, Hajimena, Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Gerbang ini sudah dibuka kembali sebelum pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) tahun 2022, meskipun begitu masih banyak Sivitas Akademika yang belum mengetahui sehingga menimbulkan banyak pertanyaan terkait waktu gerbang dibuka.

Dibuka dari hari Senin sampai Jumat, Hendri, Satuan Pengaman (Satpam) Polinela menjelaskan bahwa waktu operasional  gerbang belakang hanya saat jam tertentu saja. “Gerbang belakang kalaupagi dibuka dari jam 06.30 WIB sampai dengan jam 08.00 WIB, sedangkan untuk sore dibuka dari jam 16.00 WIB sampai jam 17.30 WIB,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Faktor keamanan yang tetap terjaga, ia juga menambahkan alasan mengapa gerbang belakang tidak dibuka setiap saat karena merupakan perintah langsung dari atasan. “Ini kan jalan pintas, kalau dibuka terus nanti lama-lama akan menjadi jalan utama dong, jadi kalau waktu dibukanya hanya sebentar maka tidak akan banyak orang yang melewati gerbang itu, sehingga keamanan pun akan tetap terjaga,” tutur Hendri.

Berbeda dengan beberapa kampus yang ada, gerbang belakang Polinela ini tidak terbuka untuk umum guna meminimalisir sesuatu yang tidak berhubungan dengan kampus, maka dari itu hanya bisa Sivitas Akademika Polinela yang melewatinya. Dibukanya gerbang ini juga akan memberikan akses jalan alternatif bagi warga Polinela yang khususnya berarea di belakang kampus,sehingga dapat mengurangi angka kemacetan digerbang barat dan mempercepat kegiatan kampus supaya tidak terjadi keterlambatan.

M. Fadhil Abdurrofi, Mahasiswa Akuntansi Bisnis Digital mengungkapkan bahwa ia memilih gerbang belakang dikarenakan opsi sebagai menghindari kemacetan lalu lintas. “Saya setiap pagi lewat sana, biasanya jam 6 sampai jam setengah 7 mungkin. Berhubung rumah saya di Bataranila kalau pagi itu ada kendala macet, jadi saya memilih mutar ke arah gerbang belakangagar jalannya lebih enak dan tidak kena macet gitu,” jelasnya.

Salah satu Mahasiswa Akuntansi Perpajakan, Dwiyanto Anugerah meresponpositif tentang kemudahan yang dirasa melalui gerbang belakang tersebut. “Iya sangat positif, dengan dibuka gerbang belakang ini saya berharap dapat mempermudah mahasiswa untuk menuju lokasi perkuliahan dan dapat mengantisipasi kepadatan dan kemacetan setelah apel. Dengan adanya akses baru ini semoga tidak terjadi kemacetan setelah apel dan dapat mengantisipasi mahasiswa supaya tidak telat kuliah bagi mahasiswa yang mendapat jam kuliah pagi dan setelah apel,” ungkapnya.

Fadhil juga menimpali harapan agar operasional gerbang belakang lebih diperhatikan lagi. “Harapan saya semoga gerbang belakang ini lebih diperhatikan operasional nya karena jarang mendapatkan perhatian dari warga kampus,” tutupnya. (*)

Penulis: M.Gilang Riski Pasya, Ilham Mubaraq
Penyunting: Asti Ananta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 ÷ 1 =