Bangkitkan Minat Mahasiswa, HMJ Tektan Adakan Stadium General

Suasana zoom meeting Stadium general season 1, Senin 7 Maret 2022 | Perssukma.id/Asya Desta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknologi Pertanian (Tektan) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengadakan Stadium General Season 1, dengan mengusung tema “Teknologi Pesawat Tanpa Awak untuk Pemetaan dan Pemantauan Tanaman dan Lahan Pertanian.” Acara dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan live streaming via YouTube, Senin, 7 Maret 2022. Pembantu Direktur (Pudir) III, Beni Hidayat beserta Kepala Jurusan (Kajur) Tektan, Iskandar Zulkarnain, dan Pembina HMJ Tektan Kurnia Rimadhanti Ningtyas turut hadir dalam acara ini.

Stadium General Season 1 merupakan salah satu program kerja (progja) jurusan, namun kali ini kegiatan diserahkan oleh HMJ Tektan yang setiap semester baru akan diadakan pada awal masuk perkuliahan. Kegiatan ini sebagai pengganti kuliah perdana oleh mahasiswa Jurusan Tektan, guna untuk meningkatkan minat mahasiswa, khususnya Mahasiswa Tektan dalam mengembangkan potensi diri untuk menyongsong perkuliahan di awal semester genap. Semester berikutnya, akan dilanjutkan kegiatan Stadium General Season 2.

Bacaan Lainnya

Acara Stadium General Season 1 diisi oleh tiga orang pembicara dari Pijar Insan Indonesia (PIND), yang memberikan pelatihan, sertifikasi dan konsultasi mengenai aplikasi perangkat lunak bidang desain keteknikan, seperti Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Manufacturing (CAM), Computer Aided Engineering (CAE), Building Information Modeling (BIM), Product and Conceptual Design, Additive Manufacturing (3D Printing), yang meliputi bidang keilmuan Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Geofisika dan lain-lain. Ketiga pemateri tersebut, yaitu Insan Gunawan, Beny Yudiantoro, dan Rio Aprianto.

Dalam acara Stadium General Season 1 ini, sekitar 300 mahasiswa mengikuti kegiatan ini yang tergabung pada Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube, yang terdiri dari berbagai program studi (prodi), di antaranya Teknologi Pangan (Tepa), Mekanisasi Pertanian, Teknologi Sumberdaya Lahan dan Lingkungan, dan Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan.

Pada saat penyampaian materi, Insan Gunawan mengatakan, bahwa teknologi drone sangat di perlukan terutama pada Era 4.0. “Teknologi drone sangat diperlukan terutama pada area 4.0 ini, karena sangat membantu perkerjaan manusia. Ada serangkaian cara juga untuk membuat drone dan hal tersebut merupakan hal yang mudah jika bersungguh-sungguh untuk mempelajarinya,” ujarnya.

Ketua Pelaksana (Ketuplak) Stadium General Season 1, Afreza Maulana menanggapi bahwa acara ini cukup mengapresiasi. “Acara ini sangat cukup mengapresiasi, karena tiga pembicara tersebut mampu menyampaikan topik yang sangat memotivasi.” ujar Afreza.

Ia berharap, semoga semua bisa mendapat ilmu yang lebih dan termotivasi. ”Semoga teman-teman semua bisa mendapat ilmu lebih dan termotivasi, serta memiliki pemikiran yang lebih luas lagi terhadap teknologi, terutama di bidang pertanian. Dengan adanya kegiatan Stadium General ini, dapat meningkatkan Teknologi Pertanian yang saat ini dibutuhkan masyarakat,” lanjutnya. Salma Alisya, selaku mahasiswi Tepa yang ikut serta dalam Zoom Meeting, berharap mahasiswa/i Polinela dapat membuat atau mengembangkan drone. “Dari adanya Stadium General tadi, semoga mahasiswa/i Polinela dapat membuat atau mengembangkan drone sebagai alat bantu untuk pemetaaan atau penyiraman lahan. Lebih baik lagi, jika drone yang dibuat bukan hanya untuk lahan saja, tetapi juga untuk pekerjaan lainnya agar lebih ringan dan mudah,” ujar Salma.(*)

Penulis: Asya Desta, Linda Wati
Penyunting: Novri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 8 = 1