Ajang Kompetisi Bahasa Inggris, EC Adakan EPA

Beberapa peserta mengikuti ajang kompetensi Bahasa Inggris, Sabtu, 21 Oktober 2023 | Perssukma.id/Azizul Latif

English Proficiency Awards (EPA) digelar Sabtu, 21 Oktober 2023 oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Club (EC) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) berisi serangkaian perlombaan yang terdiri dari Scrabble, Speech, dan Story Telling. EPA akan berlangsung pada 21-22 Oktober 2023, pembukaan EPA dilakukan di Gedung Sakura Polinela dengan tema “Take the Challenge and Be the Winner”.

Bertujuan melihat potensi yang dimiliki siswa dan siswi perwakilan tiap sekolah dalam berbahasa inggris melalui cabang perlombaan yang dibuka. Vina Lupitasari, Ketua Pelaksana (Ketuplak) menjelaskan bahwa EPA merupakan perlombaan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Provinsi Lampung. Memiliki perbedaan pada tahun sebelumnya EPA tahun ini memiliki dua cabang perlombaan tambahan yang sebelumnya hanya diselenggarakan satu cabang saja. “Jadi kita mengadakan lomba bahasa Inggris, ada scrabble, speech, story telling, itu untuk SMA se-Provinsi Lampung, tetapi untuk scrabble-nya kita umum. Tahun ini kita mengadakan tiga lomba, kalau tahun kemarin cuman satu lomba,” ujarnya.

Refdi Akmal, Pembina UKM EC mengatakan perlombaan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan full offline pada tahun ini. “Ini agenda rutin tahunan yang setiap tahun kita laksanakan, tapi dua sampai tiga tahun kemarin kita harus menyesuaikan dengan keadaan covid-19 ya, jadi sempat kita laksanakan online, dan tahun ini kita buka full offline. Kalau awal-awal, bahkan tahun 2019, kita full online, hanya pakai zoom meeting atau kirim rekaman, tahun ini kita coba terbuka,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan tahun ini membuka empat cabang, tetapi salah satu perlombaan tidak memenuhi kuota untuk dilaksanakan. “Tahun ini kita coba buka 4 lomba tapi salah satunya tidak memenuhi kuota untuk dilaksanakan, sehingga kita putuskan yang dilaksanakan tiga lomba. Karena dari jumlah kuota peserta, ini kan kompetisi, kalau tidak mencapai angka ideal untuk kompetisi, maka kita tunda dulu supaya benar-benar ada nilai kompetisinya,” tambahnya.

Al-GhiFari Yudistira, peserta lomba dari SMA 1 Terbanggi Besar menyatakan antusiasnya dalam mengikuti lomba speech yang sudah lama tidak diikuti. “Dari awal sudah excited banget untuk ikut lomba speech, karena memang udah lama banget nggak ikut. Jadi pada saat sudah di announce, bakal ada lomba speech ini, bakal seru nih, bakalan ada lomba, excited banget,” ucapnya.

Vina menambahkan jika target acara telah tercapai dan memberi harapan agar acara berjalan lancar sampai besok. “Acara ini luar biasa, dari target kita yang terpenuhi. Jadi target kita 75 tapi total pesertanya ada 98. Harapan saya untuk acara ini sampai besok itu berjalan dengan lancar semoga yang juara juga benar-benar pemenang yang berkualitas,” tutupnya.(*)

Penulis : Nabila Agustina, Arif Prayoga Wiraditama

Penyunting : Rani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 ÷ 10 =